Thursday, 16 May 2024
HomeBeritaFraksi PPP Khawatir New Normal Picu Pengurangan Tenaga Kerja Hingga PHK

Fraksi PPP Khawatir New Normal Picu Pengurangan Tenaga Kerja Hingga PHK

BOGORDAILY – Sekretaris DPR Achmad Baidowi alias Awiek khawatir new normal akan memicu pengurangan tenaga kerja hingga pemutusan hubungan kerja (PHK). Pihaknya meminta pemerintah menjamin kekhawatiran tersebut tidak terjadi kepada para tenaga kerja.

“New normal ada pembatasan orang dalam beraktivitas sebagai konsekuensi jaga jarak, maka dikhawatirkan akan terjadi pengurangan tenaga pekerja yang berimbas pada PHK. Karena itu negara harus hadir melindungi pekerja dan jangan sampai PHK meluas,” kata Awiek di Jakarta, Selasa (2/6).

Awiek menyebut, PPP menawarkan solusi untuk mencegah masifnya PHK adalah menerapkan sistem shift-shift atau pengaturan jam kerja bergilir.

“Pembatasan orang dalam bekerja sebagai konsekuensi jaga jarak, maka perlu alternatif lain seperti membuat jam operasional diperpanjang dan pekerja bergiliran sehingga PHK bisa diminimalisasi,” terangnya.

Selain itu, PPP juga mengimbau pemerintah untuk melakukan simulasi sebelum new normal diterapkan. “Agar pemerintah melakukan simulasi dan sosialisasi yang massif kepada masyarakat terkait new normal agar terbiasa. Selain itu, pemenuhan infrastruktur, fasilitas kesehatan serta kecukupan tenaga medis harus mendapat perhatian khusus,” ucapnya.

Awiek menyebut kondisi setiap daerah tidak sama. Oleh karena itu, pemerintah pusat harus benar-benar memperhatikan aspek tenaga kerja termasuk di daerah terpencil. “Mengingat kondisi setiap daerah tidak sama,” tandasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here