PSSI Pastikan Melanjutan Shopee Liga 1 dan Liga 2 Berjalan Lintas Tahun

  • Whatsapp

BOGORDAILY – Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan, memastikan lanjutan kompetisi Shopee Liga 1 dan Liga 2 2020 lintas tahun. Artinya kompetisi baru akan berakhir tahun depan.

Dalam Surat Keputusan (SK) terbaru bernomor SKEP/53/VI/2020 yang ditandatangani Mochamad Iriawan pada, Sabtu (27/6/2020), disebutkan kompetisi akan lanjut pada Bulan Oktober mendatang. SK baru ini sekaligus menjadi pengganti SK yang diterbitkan PSSI pada 27 Maret lalu.

Read More

PSSI menyebut mustahil kompetisi akan rampung pada akhir tahun mengingat masih banyaknya sisa pertandingan. Memang kompetisi Liga 1 baru berjalan tiga pekan sementara Liga 2 baru satu pekan.

Dengan format kompetisi lintas tahun, artinya PSSI akan menjalankan format yang tak lazim di Indonesia. Kompetisi domestik di Indonesia dan mayoritas negara Asia memang menjalankan kompetisi dalam satu tahun penanggalan kalender.

Jadwal pertandingan lintas tahun itu pun rencananya dipadatkan dengan menyelenggarakan banyak pertandingan setiap pekannya. Selain itu, jadwal Timnas Indonesia pun dipastikan akan bentrok dengan kompetisi domestik.

Mochamad Iriawan menyebut bahwa hal tersebut tak bisa dihindari. Ia menargetkan kompetisi bisa selesai pada awal tahun depan.

“Yang pasti, kira-kira jadwal bergeser ke awal tahun depan, karena tidak mungkin hanya beberapa bulan atau tiga bulan. Itu misal kompetisi mulai tanggal 1 Oktober dimulainya,” kata Mochamad Iriawan kepada wartawan, Minggu (28/6/2020).

“Dalam waktu dekat PT LIB (Liga Indonesia Baru) akan bekerja menyesuaikan hal-hal yang berkaitan dengan jadwal dan waktu. Mudah-mudahan sebelum Maret kompetisi sudah selesai ya,” ujarnya berharap.

Mochamad Iriawan alias Iwan Bule, Ketum PSSI

Belum ada kepastian soal format, lokasi, hingga regulasi terbaru dalam SK terkini yang diterbitkan PSSI. Maka dari itu, Iriawan meminta kepada PT LIB untuk langsung bergerak cepat.

Ia mengindikasikan kompetisi akan dipusatkan di Pulau Jawa dengan Yogyakarta sebagai lokasi prioritas. Soal ini, PSSI masih membicarakan lebih lanjut dan meminta persetujuan semua klub.

“Setelah SK saya keluarkan, LIB langsung bekerja, termasuk Dirut Operasional (Sudjarno) langsung keliling. Kemungkinan dipusatkan di Jawa,” tutur mantan Sekretaris Utama Lembaga Pertahanan Nasional itu.

“Kami juga melihat bagaimana kesiapan tempat yang akan dipakai nanti, seperti yang saya sampaikan kemungkinan di Yogyakarta. Itu kami sudah diskusi dengan klub yang berasal di luar Jawa,” ucapnya mengakhiri.

Loading...

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *