Thursday, 28 March 2024
HomeBeritaArahan Lengkap Jokowi Menyoroti Lonjakan Kasus Corona

Arahan Lengkap Jokowi Menyoroti Lonjakan Kasus Corona

BOGORDAILY – Presiden Joko Widodo () meminta jajarannya untuk bergerak cepat menyoroti kenaikan penularan virus corona baru (COVID-19) di sejumlah provinsi. menekankan 3T yaitu testingtracing, dan treatment.

“Saya tidak ingin menyampaikan banyak hal tetapi saya ingin memberikan apa yang segera harus kita lakukan menyikapi adanya kenaikan kasus positif yang kasus baru yang bertambah,” ujar mengawali arahannya dalam rapat terbatas pada Senin (13/7/2020).

Arahan itu disiarkan langsung pula melalui kanal YouTube Sekretariat Presiden. meminta prioritas 3T itu dilakukan di 8 provinsi.

“Tetap pada concern kita untuk memasifkan 3T testingtracing, dan treatment dengan prioritas,” ujar .

juga meminta jajarannya untuk tidak memberikan laporan semata tetapi langkah konkret di lapangan. ingin jajarannya untuk bergerak cepat mengatasi persoalan peningkatan kasus positif COVID-19 itu.

“Saya rasa itu mungkin yang bisa saya sampaikan sebagai pengantar untuk ratas pada pagi hari ini dan saya harapkan nanti yang disampaikan adalah bukan laporan (tapi) apa yang harus kita kerjakan, problem lapangannya apa, dan pendek-pendek, kita ingin ini segera bergerak di lapangan,” ujar .

Berikut arahan lengkap :

Rapat terbatas pagi ini kita akan evaluasi dan beberapa hal yang harus menjadi perhatian.

Saya tidak ingin menyampaikan banyak hal tetapi saya ingin memberikan apa yang segera harus kita lakukan menyikapi adanya kenaikan kasus positif yang kasus baru yang bertambah, saya kira terakhir kita ada kasus positif 1.681 yang pada hari Kamis yang lalu juga berada pada posisi 2.500 kasus positif karena ada kasus di Secapa.

Ada 3 hal yang ingin saya sampaikan pada pagi hari ini yaitu tetap pada concern kita untuk memasifkan 3T testing, tracing, dan treatment dengan prioritas, saya minta ini diberikan prioritas khusus untuk yang testing, tracing, dan treatment ini di 8 provinsi yaitu Jatim, DKI Jakarta, Jabar, Sulsel, Jateng, Sumut, dan Papua.

Untuk tes harus ditingkatkan jumlah PCR test dengan menambah jumlah lab-lab yang ada di daerah plus mobile lab PCR yang kita harapkan nantinya target sesuai yang saya sampaikan itu bisa tercapai 30 ribu dan tracing penelusuran untuk ODP maupun PDP, kemudian memberikan isolasi mandiri dan treatment ini peningkatan fasilitas kesehatan rumah sakit khususnya bed, APD, obat-obatan, ventilator, kamar isolasi yang ini juga masih memerlukan tambahan-tambahan untuk provinsi-provinsi yang tadi sebut. Kalau memang kekurangan, ini agar Kementerian Kesehatan bisa menyampaikan kepada Menteri PU untuk segera diselesaikan

Kemudian yang kedua, pengendalian wilayah perbatasan dan perjalanan serta transportasi lintas wilayah. Ini betul-betul di… kita harus jadikan perhatian lagi karena imported cases dari luar negeri juga kita lihat meningkat.

Kemudian yang ketiga, ini yang terus harus kita berikan tekanan mengenai komunikasi yang partisipatif. Komunikasi yang membangun kepercayaan, membangun trust, yang berbasis pada ilmu pengetahuan, sains, dan juga data sains guna membangkitkan partisipasi masyarakat terutama yang rentan.

Kemudian juga memasifkan kembali gerakan nasional disiplin terhadap protokol kesehatan: mengenai jaga jarak, menggunakan masker, cuci tangan. Karena dari survei yang kita lihat misalnya saya mendapatkan laporan saat ke Jatim, survei mereka di Jatim itu 70 persen masyarakat tidak menggunakan masker. Ini mobilisasi yang saya inginkan mobilisasi di TNI Polri, relawan, ormas, tokoh di kampus semuanya digerakkan untuk ikut mengkampanyekan ini dan sekaligus melakukan pengawasannya.

Saya rasa itu mungkin yang bisa saya sampaikan sebagai pengantar untuk ratas pada pagi hari ini dan saya harapkan nanti yang disampaikan adalah bukan laporan… (tapi-red) apa yang harus kita kerjakan, problem lapangannya apa, dan pendek-pendek, kita ingin ini segera bergerak di lapangan karena kondisi seperti di Jakarta laporan terakhir yang saya terima angka positivity rate-nya melonjak dari 4 sampai 5 sekarang sudah 10,5 persen. Ini tolong betul-betul dijadikan perhatian.

Saya rasa itu, silakan pak menko atau para menteri. Sekali lagi tolong tidak usah memberikan laporan tetapi apa yang tadi saya sampaikan tolong diberikan tanggapan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here