Tuesday, 21 May 2024
HomeKota BogorBusyet, Kuburan di TPU Blender Mau Dibongkar, Gara-gara tak Bayar Sewa

Busyet, Kuburan di TPU Blender Mau Dibongkar, Gara-gara tak Bayar Sewa

DAILY – di TPU Blender yang berada di Kecamatan Tanah Sareal, Kota terancam bakal dibongkar.

Jika para ahli waris tak segera mambayar sewa lahan di lokasi pemakaman umum itu.

Dinas Perumahan dan Pemukiman (Disperumkim) menagih pembayaran sewa lahan makam bagi para ahli waris.

Soal ini, Kepala UPTD Pemakaman Dinas Perumahan dan Pemukiman (Disperumkim) Kota , Toto Guntoro membenarkan hal tersebut. Namun menurutnya, hal itu bukan merupakan ancaman, melainkan hanya imbauan semata.

Tertulis dalam spanduk imbauan itu bahwa bagi pengguna sewa tanah makam yang telah habis masa berlakunya, agar segera memperpanjang masa berlaku izin tersebut. Pembayaran bisa dilakukan di kantor UPTD Pemakaman pada Disperumkim.

Tertulis pula pada spanduk, bahwa jika ahli waris tidak mengindahkan imbauan tersebut, akan dilakukan pembongkaran. “Iya betul, sejak Januari imbauan itu kita pasang, tapi tidak dibongkar. Itu agar masyarakat terdorong untuk membayar saja,” aku Toto pada Radar saat dikonfirmasi kemarin.

Toto beralasan, memang jika merujuk pada Peraturan Daerah (Perda) Nomor 6 Tahun 2002 dan Perda Nomor 04 Tahun 2012, ketentuan membayar pajak sewa lahan makam tersebut sudah tertuang. Toto menjelaskan, dalam maklumat tersebut, para penyewa lahan wajib membayar Rp. 35 ribu.

“Bisa membayar di Disperumkim, atau lagnsung ke TPU,” sahutnya.

Di luar itu, Toto mengakui memang lahan di TPU Blender sudah over capacity. Selain TPU Dreded yang juga bernasib sama. Namun Toto memastikan, imbauan itu bukan semata-mata karena TPU Blender kehabisan lahan.

“Kita ingin masyarakat lebih taat saja membayar pajak dari sewa lahan makam,” tukasnya.

Salah satu penyewa lahan makam, Teddy Santika (59) mengaku kaget dengan imbauan tersebut. Memang Ia baru melihat imbauan tersebut karena baru sempat mengunjungi makam kedua orangtuanya itu.

“Kebetulan keluarga dimakamkan disini. Kita kaget saja melihat imbauan itu. Jangan sampai dibongkar lah kalau bisa ya,” pungkasnya.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here