Pedas! Rizal Ramli Kritik Jokowi soal Koalisi Gemuk

  • Whatsapp

BOGOR DAILY – Presiden Joko Widodo kembali mendapat kritikan dari Rizal Ramli. Kali ini soal koalisi partai pendukung pemerintah yang sangat dominan.

Menurut mantan Menko Kemaritiman periode pertama Jokowi ini, koalisi dengan merangkul hampir seluruh partai yang ada di parlemen tidak akan efektif.

Read More

Selain itu, Menko Perekonomian era Presiden Abdurrahman Wahid tersebut juga melihat bahwa Presiden Joko Widodo yang sebelumnya sesumbar sudah tidak memiliki beban, justru telalu menggantungkan diri pada kekuatan partai.

“Misjudgement, Presiden Joko Widodo sangat menggantungkan diri pada dukungan partai-partai,” katanya dalam akun Twitter pribadi, Rabu (8/7/2020).

Dia mengingatkan mantan Gubernur DKI Jakarta itu untuk berhati-hati dengan langkah yang telah dipilih. Ini lantaran partai merupakan institusi yang mudah dikooptasi.

Sebab umumnya, kata Rizal Ramli, partai politik tidak memiliki ideologi yang kuat dan acapkali mengandalkan pramatisme mencari keuntungan. Mulai dari mengincar jabatan hingga proyek.

Selain itu, orang-orang di partai politik juga tidak sedikit yang tersandera dalam sebuah kasus hukum.

“Partai-partai paling gampang dikooptasi karena tidak punya ideologi, kecuali pragmatisme: jabatan, proyek dan banyak yang bermasalah hukum,” sambungnya.

Rizal Ramli menyarankan kepada Jokowi untuk mulai mengalihkan pandangan. Tidak lagi menggantungkan diri pada partai politik melainkan menjadi pemimpin hebat yang setia pada rakyat.(*)

Loading...

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *