Wednesday, 24 April 2024
HomeNasionalPedas! Rizal Ramli Kritik Jokowi soal Koalisi Gemuk

Pedas! Rizal Ramli Kritik Jokowi soal Koalisi Gemuk

BOGOR DAILY – Presiden Joko Widodo kembali mendapat kritikan dari . Kali ini soal koalisi partai pendukung pemerintah yang sangat dominan.

Menurut mantan Menko Kemaritiman periode pertama Jokowi ini, koalisi dengan merangkul hampir seluruh partai yang ada di parlemen tidak akan efektif.

Selain itu, Menko Perekonomian era Presiden Abdurrahman Wahid tersebut juga melihat bahwa Presiden Joko Widodo yang sebelumnya sesumbar sudah tidak memiliki beban, justru telalu menggantungkan diri pada kekuatan partai.

“Misjudgement, Presiden Joko Widodo sangat menggantungkan diri pada dukungan partai-partai,” katanya dalam akun Twitter pribadi, Rabu (8/7/2020).

Dia mengingatkan mantan Gubernur DKI Jakarta itu untuk berhati-hati dengan langkah yang telah dipilih. Ini lantaran partai merupakan institusi yang mudah dikooptasi.

Sebab umumnya, kata , partai politik tidak memiliki ideologi yang kuat dan acapkali mengandalkan pramatisme mencari keuntungan. Mulai dari mengincar jabatan hingga proyek.

Selain itu, orang-orang di partai politik juga tidak sedikit yang tersandera dalam sebuah kasus hukum.

“Partai-partai paling gampang dikooptasi karena tidak punya ideologi, kecuali pragmatisme: jabatan, proyek dan banyak yang bermasalah hukum,” sambungnya.

menyarankan kepada Jokowi untuk mulai mengalihkan pandangan. Tidak lagi menggantungkan diri pada partai politik melainkan menjadi pemimpin hebat yang setia pada rakyat.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here