Sunday, 28 April 2024
HomeNasionalRizal Ramli Kritik Ekonomi Jabar

Rizal Ramli Kritik Ekonomi Jabar

BOGOR DAILY – Ekonom Senior mengungkapkan, wilayah Jawa Barat (Jabar) khususnya bagian selatan masih relatif terbelakang. Ia menilai, wilayah tersebut puluhan tahun tidak mengalami perubahan, masih sangat miskin dan infrastrukturnya terbatas.

“Puluhan tahun tidak ada perubahan yang berarti di Jawa Barat selatan masih sangat miskin, infrastrukturnya masih terbatas. Padahal kalau dikembangkan Jawa Barat akan punya variasi ekonomi yang macam-macam,” katanya dalam acara Ngopi Bareng RR, Kamis (23/7/2020).

Dia bilang, pemimpin-pemimpin yang ada hari ini hasil pencitraan. Sehingga, menurutnya pemimpin tersebut tak punya visi untuk mengubah sesuatu yang lebih baik.

“Sayangnya pemimpin-pemimpin hari ini kebanyakan pemimpin-pemimpin hasil pencitraan. Jadi modelnya itu ya pencitraan doang, nggak punya visi, nggak track kepemimpinan untuk mengubah sesuatu ke arah yang lebih baik,” ujarnya.

Oleh karena itu, ia meminta pemimpin-pemimpin di Jawa Barat supaya lebih kreatif, berpihak kepada masyarakat dan fokus kepada kepada pertanian. Menurut Rizal, saat-saat seperti sekarang dunia akan mengalami masalah pangan.

Dia menuturkan, peningkatan produksi pangan sendiri tidak membutuhkan waktu yang lama.

“Jawa Barat harus negosiasi pemerintah pusat supaya bisa dapat dana stimulus untuk peningkatan pangan, karena harusnya Jawa Barat prioritas karena rakyatnya memang senang jadi petani, rajin dan daerah pertanian dan petani risiko COVID lebih kecil daripada pabrik dan industri,” ujarnya.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here