Friday, 26 April 2024
HomeNasionalArti Masjid bagi Perjuangan Medina Residence Group

Arti Masjid bagi Perjuangan Medina Residence Group

Oleh :
Henny Trisnowaty
by Medina Residence Group

Bogor Daily – HANYA ADA DI PROPERTI SYARIAH, Masjid adalah icon utama properti syariah. Bila kita belajar dari sejarah, peristiwa fenomenal yaitu Hijrah.

Sesampainya di Madinah, yang pertama kali dilakukan Rasulullah SAW adalah membangun masjid yang difungsikan sebagai ‘Center of Islamic Activity', dimana semua aktifitas mulai Habluminallah seperti sholat berjamaah dan taklim.

Lanjut ke Habluminannass yaitu santunan, rapat warga, zakat, infaq sadaqoh dan lain sebagainya.

Sepatutnya lah properti syariah pun ikut membumikan sunnah Rasul tersebut. Belajar dari sirah nabawi pula, Rasulullah setelah membangun masjid yang dikenal sebagai Masiid Nabawi, kemudian mempersaudarakan Muhajirin dan Anshor.

Itulah ukhuwah islamiyah yang akan melahirkan kekuatan atas dasar akidah yang sama, Islam.

Melalui hunian islami yang diusung properti syariah, insya Allah ini menjadi keniscayaan, berawal dari verifikasi user yang menekankan pada akidah dan ahlak, maka warga hunian properti syariah memiliki kesamaan akidah, sehingga lebih mudah dipersaudaraan melalui rangkaian program islami yang terdapat di , properti syariah yang membantu warganya untuk perlahan menuju islam yang kaffah.

√ Rumah Tahfidz

Nabi Muhammad SAW berkata,
“Allah mempunyai keluarga diantara manusia”. Para sahabat bertanya, “Siapakah mereka yaa Rasulullah?”,

Rasul pun menjawab, “para ahli Al Quran. Mereka keluarga Allah dan pilihan pilihannya”. ( HR. Ahmad).

Rumah tahfidz adalah rumah yang disediakan bagi aktifitas tahfidz atau menghapal Al Quran. Kenapa rumah yang dijadikan tempat tahfidz, adalah agar para penghapal Al Quran tidak melulu lahir melalui eksklusifitas pondok pesantren semata, tetapi dapat tumbuh berkembang ditengah masyarakat sehingga diharapkan adanya keterlibatan potensi masyarakat yang ada, baik para hafidz ( guru ngaji ), alim ulama maupun anak-anak yang membutuhkan bimbingan untuk mempelajari dan menghapal Al Quran.

Rumah tahfidz ramah anak yang disediakan oleh ‘' adalah untuk merealisasikan itu semua, mendekatkan warga hunian dan masyarakat terhadap kitab sucinya , Al Quran, the way of moslem lifestyle.

Verifikasi Berbasis ahlak islam

*Al Jaaru Qobla Ad Daar*, Pilihlah tetangga dulu sebelum rumah. Pepatah arab yang sangat populer, yang mengajarkan tentang pentingnya mencari tetangga atau lingkungan yang baik.
Bahkan dalam hadist pun berkata “Berlindunglah kepada Allah dari tetangga jahat yang menetap, karena tetangga lain akan menjauh darimu.” ( HR. Nasai).

Verifikasi dalam properti syariah lebih menekankan kepada ahlak islam, karena bila user yang kelak menjadi warga hunian, maka dapat pastikan mereka akan mudah dan ridho diatur oleh aturan islam.

Akan mengamalkan ammar ma'ruf nahi mungkar. Dengan tetangga yang soleh dan solehah maka mereka akan saling mengajak kepada kebaikan, saling menguatkan akan kebenaran, dan saling memberi syafaat di akherat, mereka akan mengajak kita memasuki syurgaNya bersama sama.

(Red-BDN).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here