Thursday, 18 April 2024
HomeKota BogorDipaksa Narik, Kuda Delman Mendadak Mati Saat Bawa Wisatawan

Dipaksa Narik, Kuda Delman Mendadak Mati Saat Bawa Wisatawan

BOGORDAILY – Seekor kuda penarik delman mati mendadak setelah mengangkut wisatawan berkeliling Istana Bogor, di Jalan Ir H Djundan, Minggu (9/8/2020). Diduga kuda sakit dipaksa untuk menarik delman.

Pemilik delman, Fauzi (45) menuturkan, kejadian nahas itu terjadi sekitar pukul 10.00 WIB. Saat itu, delmannya membawa penumpang dari depan Balaikota Bogor.

Kata dia, saat awal perjalanan kuda tidak menujukkan kelelahan atau merengek kesakitan.
Rute yang biasa delman lintasi yakni depan balai kota mengelilingi Istana Bogor dan Kebun Raya Bogor dan berakhir di balai kota kembali.

Kata dia, saat itu delmannya membawa penumpang dan sekitar 30 menit berangkat atau tepat setelah Tugu Kujang mengarah ke BTM kuda miliknya terjatuh membentur aspal dan tidak lama kejang-kejang dan mati. “Gak tahu kenapa, kudanya langsung jatuh aja,” kata Fauzi.

Beruntung, delman yang tengah dinaiki wisatawan tidak ikut terjatuh ke aspal. Kemudian, sang pemilik pun membawa kudayang diduga kelelahan itu ke pinggir jalan dan tak lama hewan tersebut mati. “Memang lagi sakit juga,” jelasnya.

Karena khawatir menimbulkan bau, Fauzi langsung menyembelih leher dan bagian perut kudadi lokasi. Selanjutnya, kuda dibawa menggunakan mobil pikap ke daerah Bantarkambing, Bogor untuk dijagal.

Sekadar diketahui, seputaran Istana Bogordan Kebun Raya Bogor setiap akhir pekan ramai didatangi wisatawan. Ada yang berolahraga, memberi makan rusa atau berkeliling menaiki delman sewaan. “Baru saja mau panglaris ini. Kudanya mau dibawa ke pejagalan,” tutup Fauzi.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here