Friday, 19 April 2024
HomeBeritaMau Daftar Prakerja Gelombang V? Ini Tahapannya

Mau Daftar Prakerja Gelombang V? Ini Tahapannya

BOGOR DAILY-   Pendaftaran Kartu  gelombang ke-V akan segera dibuka pada pukul 12.00 WIB hari ini. Sama dengan gelombang IV, pendaftaran kali ini dibuka untuk 800.000 peserta.

Pendaftaran program Kartu  saat ini dapat dilakukan secara online maupun offline. Jika calon peserta yang ingin mendaftar online, maka tinggal mengakses situs .go.id. Sementara yang offline bisa menyambangi kantor Kementerian Ketenagakerjaan maupun dinas ketenagakerjaan daerah.

Pendaftaran Kartu  hanya memerlukan waktu sekitar 30 menit. Sebelum memulai langkah pertama pendaftaran, pendaftar harus memastikan bahwa persyaratan sudah dipenuhi. Adapun persyaratannya yaitu warga negara Indonesia (WNI) harus berumur 18 tahun ke atas dan tidak sedang menempuh pendidikan formal. Pekerja yang baru saja terkena PHK dan tidak menempuh pendidikan formal juga bisa ikut.

Berikut 5 langkah mendaftar Kartu :

1. Buka website www..go.id, kemudian klik ‘Daftar Sekarang'

Jika sudah memenuhi syarat, pendaftar langsung mengakses situs resmi Kartu  dan memilih menu ‘Masuk'. Sebelum memasukkan akunnya, detikers harus mendaftar terlebih dahulu.

2. Ikuti Prosedur Pendaftaran Akun

Dalam menu daftar akun, detikers hanya perlu mengisi email dan password yang harus dibuat lebih dari 8 karakter dengan huruf kapital dan kecil, serta angka. Setelah itu centang pilihan ‘saya menyetujui syarat dan ketentuan privasi yang berlaku'.

Usai langkah di atas, pendaftar secara otomatis memperoleh pesan verifikasi di kotak masuk alamat email yang didaftarkan. Jika sudah diverifikasi, maka akan langsung kembali ke laman utama www..go.id, dan sudah bisa memasukkan akunnya. Setelah itu, pendaftar resmi memiliki akun di situs Kartu . Apabila gagal lolos gelombang pertama, maka tak perlu mengulang membuat akun lagi.

3. Pengisian Data Diri

Langkah selanjutnya yakni verifikasi KTP dengan memasukkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan tanggal lahir. Lalu berlanjut pada pengisian formulir data diri.

Di tahap pengisian data diri, hanya perlu mengisi nama lengkap, alamat sesuai KTP, jenis kelamin, pendidikan terakhir, dan status kebekerjaan.

Sebelum menyelesaikan tahap pengisian data diri, pendaftar perlu mengunggah foto KTP. Usai mengunggah foto KTP dan selfie, pendaftar akan berlanjut ke tahap pengisian nomor handphone, dan diwajibkan mengisi kode OTP yang otomatis dikirimkan melalui SMS.

4. Tes Motivasi dan Kemampuan Dasar

Pendaftar harus mengikuti tes motivasi dan kemampuan dasar yang terdiri dari 18 soal dengan durasi pengisian maksimal 25 menit. Sebelum mengikuti tes ini, harus dipastikan lebih dulu koneksi internet yang tersambung dalam kondisi stabil.

Soal-soal yang diberikan antara lain pengoperasian matematika, pengurutan instruksi, dan pemahaman bacaan non-sastra.

5. Tunggu Notifikasi

Jika sudah mengikuti tes, langkah akhir yang perlu dilakukan yakni bergabung dengan gelombang pertama pendaftaran Kartu  dengan mengklik menu gabung di laman dashboard. Jika sudah bergabung, maka pendaftar resmi terdaftar sebagai calon peserta Kartu Prakerja, dan tinggal menunggu hasil evaluasi.

Hasil evaluasi akan diberikan notifikasi apakah diterima atau tidak, akan dikirimkan melalui email pendaftar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here