Saturday, 27 April 2024
HomeKota BogorBegini Alasan Pemkot Bogor Soal Rencana Pinjaman PEN Daerah

Begini Alasan Pemkot Bogor Soal Rencana Pinjaman PEN Daerah

BOGORDAILY – Pemerintah menyiapkan pinjaman daerah untuk program pemulihan ekonomi nasional (PEN). Kementerian Dalam Negeri mengatakan, anggaran yang disiapkan terkait pinjaman PEN daerah mencapai Rp 10 triliun.

Namun, masih banyak daerah yang belum merealisasikan program tersebut. Contohnya Bogor yang kini masih melakukan kajian terkait pinjaman PEN daerah ini.

Wali Kota Bogor Bima Arya mengatakan, kajian terkait rencana pinjaman PEN daerah ini penting dilakukan. “Masih kajian, penting untuk didasarkan pada kajian,” kata dia.

Bima juga belum bisa memastikan kapan kajian tersebut akan selesai. Terlebih saat ini Bogor masih berusaha menghentikan penyebaran virus corona.

“Tidak ada target (terkait kajian), apalagi masih situasi Covid-19,” lanjut dia.

Sebelumnya, Direktur Jenderal Keuangan Daerah Kementerian Dalam Negeri Ardian mengatakan, hingga saat ini terdapat 51 pemerintah daerah yang berminat mengajukan pinjaman PEN daerah. Meski begitu, belum ada daerah yang melakukan nota kesepahaman (MoU) dengan pemerintah pusat.

Menteri Keuangan Sri Mulyani menambahkan, terdapat 8 daerah yang telah mengusulkan pinjaman PEN daerah. Antara lain, Provinsi Jawa Barat, Provinsi DKI Jakarta, Provinsi Banten, Provinsi Sulawesi Selatan, Provinsi Gorontalo, Provinsi Sulawesi Utara, Kabupaten Probolinggo dan Kota Bogor.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here