Friday, 29 March 2024
HomeKota BogorPatung Kapten Muslihat Akan Dipindahkan ke Depan Museum Perjuangan

Patung Kapten Muslihat Akan Dipindahkan ke Depan Museum Perjuangan

BOGOR DAILY – Patung Kapten Muslihat Masih berdiri kokoh diantara bangunan eks Taman Topi yang kini sudah rata dengan tanah.

Patung yang memiliki tinggi lebih dari tiga meter tersebut tegak berdiri menghadap ke arah Jalan Kapten Muslihat.

Sejak adanya rencana pembangunan Alun-alun Kota Bogor patung Kapten Muslihat menjadi salah satu ikon yang menjadi perbincangan.

Kepala Bidang Pertamanan, Penerangan Jalan Umum dan Dekorasi pada Dinas Perumahan dan Pemukiman Kota Bogor, Feby Darmawan, mengatakan bahwa sejak awal Patung Kapten Muslihat memang dipertahankan.

Namun keberadaan patung Kapten Muslihat tersebut nantinya akan dipindahkan untuk diletakan di Museum Perjuangan

“Rencananya akan dipasang di depan plaza Museum Perjuangan,” katanya.

Saat ini pihaknya juga sudah melakukan kordinasi dengan pihak museum.

Ia berharap pemindahan patung tersebut dapat direalisasikan pada saat pembangunan Alun Alun di tahun mendatang.

Feby mengatakan bahwa pemindahan patung Kapten Muslihat ke Museum Perjuangan merupakan hasil pembahasan dalam Focus Group Disscusion (FGD) yang digelar akhir 2019 lalu.

“Saat FGD terakhir tahun 2019 dengan para budayawan dan steakholder lain, saat ekspos didepan pak wali meminta patung Kapten Muslihat tidak dihancurkan, solusinya, kami usulkan pemindahan di beberapa museum, dan dipilih Museum Perjuangan, ini juga hasil koordinasi dengan Disparbud (Dinas Pariwisata dan Budaya),” ucapnya.

Nantinya, kata Feby, berdasarkan hasil diskusi pihaknya dengan para budayawan, di area Alun Alun itu akan dibuat siluet tokoh-tokoh pahlawan.

“Jadi rencananya setelah terbangun Alun Alun, di tahun selanjutnya kita ingin meyaembarakan untuk tokoh-tokoh pahlawan yang akan tampil di media siluet tersebut,” terangnya. 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here