Saturday, 20 April 2024
HomeKota BogorRencana Lido Jadi RS Rujukan Covid-19 Dimatangkan BNN dan Pemda Bogor

Rencana Lido Jadi RS Rujukan Covid-19 Dimatangkan BNN dan Pemda Bogor

BOGORDAILY – Pemerintah Kota Bogor masih mematangkan kerja sama dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) untuk memanfaatkan fasilitas milik BNN di Lido Kabupaten Bogor sebagai tempat isolasi khusus pasien Covid-19.

“Kesepakatannya sudah hampir final dan dalam waktu dekat akan dilakukan penandatanganan perjanjian kerja sama,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Bogor Sri Nowo Retno.

Menurut Retno, panggilan Sri Nowo Retno, tim dari Dinas Kesehatan Kota Bogor sudah melakukan observasi ke lokasi di Lido yang memiliki 122 tempat tidur dan dinilai layak sebagai lokasi isolasi khusus.

Di sisi lain, kata dia, Dinas Kesehatan juga perlu menyiapkan tenaga kesehatan dan tenaga pendukung yang akan bertugas di lokasi tersebut, jika nantiya sudah difungsikan sebagai tempat isolasi khusus.

Retno menambahkan bahwa Pemerintah Kota Bogor menyiapkan lokasi isolasi khusus di luar fasilitas pelayanan kesehatan atau rumah sakit untuk mengantisipasi adanya lanjutan kasus positif Covid-19 di Kota Bogor.

Komunikasi antara Pemerintah Kota Bogor dengan BNN untuk menyiapkan lokasi di Lido sebagai lokasi isolasi khusus, menurut Retno, bukan baru saat ini dilakukan, tapi sudah sejak Mei lalu.

Di sisi lain, Pemerintah Kota Bogor juga menjalin kerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Bogor untuk penyediaan ruang rawat inap bagi pasien Covid-19, baik di rumah sakit maupun di luar rumah sakit, serta menggencarkan penerapan protokol kesehatan terutama di perbatasan.

Perjanjian kerja sama kedua daerah itu disepakati dan ditandatangani pada pertemuan antara Wali Kota Bogor, Bima Arya dan Bupati Bogor Ade Yasin di Hotel Melchior, Kebun Raya Bogor, di Kota Bogor, Jumat 4 September 2021.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here