Saturday, 4 May 2024
HomeBerita3 Program Utama Kelurahan Cibadak

3 Program Utama Kelurahan Cibadak

BOGOR DAILY- Setiap kelurahan di kabupaten Bogor tentu memiliki program utama dalam meningkatkan kualitas ekonomi, masyarakat, infrastruktur, dan lain sebagainya. Begitupun dengan , Kecamatan Tanah Sereal, Kota Bogor.

Sejak dipimpin Lurah Cibadak Uay Sutiawan selama 6 tahun, kelurahan ini menjalankan banyak program untuk mengembangkan potnesi yang ada di wilayahnya. Salah satunya, pemberdayaan pemuda dengan menjadikannya kelompok tani milenial. Tujuannya, agar para pemuda ini juga aktif mengajak warga lainnya di gemar bercocok tanam.

Misalnya, menanam sayur-sayuran di depan rumah seperti kangkung, bayam, dan lain sejenisnya agar masyarakat merasakan apa yang mereka tanam. “Demi pemberdayaan pemuda, warga diharapkan tiap menanam sayuran, seperti Kangkung, bayam dan lain-lain, biar ga beli,” Ucapnya

Tidak hanya menyarankan kepada masyarakat, Kelompok Tani Pemuda yang tergabung dalam wadah ‘Leuit Jejaka' pun difasilitasi kebun untuk berkebun mandiri dan menuai hasil sendiri.

Selain itu ada pula program andalan lainnya dengan mengajak warga sadar soal kebersihan lingkungan. Sebagai contoh, kali Kandang Sapi yang berada di merupakan salah satu penyebab banjir karena banyaknya tumpukan sampah. Untuk itu, lurah berinisiatif untuk membenahi kali tersebut dengan mengerahkan partisipasi warga.

“Kami meminta agar masyarakat yang tinggal dekat kali agar membuat jaring-jaring penyaringan sampah. Ini berlakuk untuk setiap RW yang berdekatan dengan kali tersebut,”paparnya.

Dengan seperti itu, masyarakat tidak saling menyalahkan RW satu dengan yang lainnya karena setiap RW 01 hingga 04 memiliki penyaringan sampah masing-masing.

“Selanjutnya Pembenahan kali kandang sapi untuk mengatasi dampak banjir di , Pembuatan jaring-jaring penyaringan sampah. RW 01 hingga RW 04 kita beri jaring-jaring sampah biar meminimalisir sampah dan tidak saling menyalahkan dengan dibuktikan pembatas,” Ucapnya.

Program utama lainnya juga soal keberadaan RW Tanggap Bencana. Di setiap RW dan RT saling komunikasi via WhatsApp grup tentang bencana yang ada di terutama banjir. Dengan adanya program itu, RW dan RT yang wilayahnya terjadi bencana diharapkan lebih sigap dan cepat dalam menangani bencana tersebut.

Tidak hanya ketiga program itu yang dijadikan prioritas, masih banyak program yang bermanfaat kepada masyarakat yang Lurah Cibadak bina dan rawat.

“Masih banyak program lainnya yang kita bina dan rawat, seperti UMKM kampung berisik, ayam ungkep dan program pemberdayaan lainnya seperti Pemberdayaan ikan hias yang kini menjadi pusat ikan hias di kota Bogor ada di kita,” Ucapannya.

Selain yang disebutkan, ada juga pemberdayaan ikan tawar konsumsi untuk diperjualbelikan dengan luas tanah kurang lebih dua hektar yang dimiliki masyarakat-masyarakat . (Egi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here