Monday, 29 April 2024
HomeBeritaRuang Belajar Online Pertama di Kota Bogor Ada di Bondongan

Ruang Belajar Online Pertama di Kota Bogor Ada di Bondongan

BOGOR DAILY- Wali Kota Bogor Bima Arya meresmikan (RBO) pertama di Kota Bogor, yang berlokasi di RW 5 Kelurahan , Kota Bogor. RBO tersebut dibuat untuk memfasilitasi anak-anak sekolah belajar online.

Untuk meningkatkan efektivitas belajar para siswa, Bima ingin RBO disinergikan dengan program Jaga Asa (Jaringan Keluarga Asuh). Tujuannya agar kebutuhan belajar anak, seperti gadget bisa terpenuhi.

“Insyaallah ke depan kita sinergikan program Jaga Asa dengan agar bisa jalan bersama-sama, karena memang kuncinya adalah sinergi. Jadi, Jaga Asa akan dibuat dan bisa menampung sumbangan gadget atau laptop,” papar Bima dalam keterangan tertulis, Rabu (7/10/2020).

Selain membuat RBO, sebelumnya Pemkot Bogor telah memasang WiFi publik gratis di seluruh RW se-Kota Bogor yang didukung DPRD Kota Bogor. Fasilitas tersebut disediakan agar dapat membantu para siswa mengikuti Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) di masa pandemi COVID-19.

Menurut Bima, infrastruktur yang ada harus diimbangi dengan kultur yang sesuai. Oleh sebab itu, Bima berniat melibatkan Dasa Wisma, yang terdiri dari para Ibu PKK, karang taruna maupun PLKB untuk membantu pengawasan melalui pendekatan secara kultur.

“Dasa Wisma itu dahsyat. Jika aktif maka anak-anak bisa dibimbing. Tinggal pastikan mereka menjalankan dan menjaga protokol kesehatan. Pengawasan yang dilakukan bisa melengkapi sistem yang telah dibangun,” lanjut Bima.

Ketua Jabar Bergerak Kota Bogor Yantie Rachim menambahkan, RBO dibuat untuk menjadi solusi permasalahan yang dihadapi siswa saat belajar online, di antaranya keterbatasan bimbingan orang tua, gadget tidak memadai , an ketidakmampuan orang tua dalam menyediakan kuota internet.

“Sementara tujuan utama yang ingin dicapai diantaranya sebagai upaya pemenuhan hak belajar bagi anak, pemerataan belajar online dan mengurangi beban moril maupun materil,” sebut Yantie.

di RW 5 Kelurahan ini merupakan pilot project tahap I. Untuk tahap II rencananya akan dibuat RBO di enam titik yang tersebar di enam Kecamatan Kota Bogor. Sementara ini, untuk kebutuhan gadget, Jabar Bergerak Kota Bogor berhasil mengumpulkan 59 gadget dari total 84 gadget yang dibutuhkan.

Yantie mengatakan Jabar Bergerak Kota Bogor berharap apa yang telah dilakukan mampu menjadi solusi dalam pemerataan belajar secara online di masa pandemi. Selain itu, ia juga berharap kekurangan gadget segera terpenuhi.

Dalam acara peresmian RBO tersebut, dilakukan penyerahan simbolis bantuan dari berbagai pihak untuk mendukung , di antaranya device orbit dari Telkomsel, gadget dari PLN dan Boyke Mohamad, serta bantuan dana dari YPM PLN. Selain itu, ada 10 gadget yang diserahkan kepada para siswa.

Hadir dalam peresmian tersebut, Pembina Jabar Bergerak Kota Bogor Yane Ardian, Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bogor Fahrudin, dan pihak-pihak yang membantu dalam pelaksanaan .

(akn/ega)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here