Sunday, 19 May 2024
HomeBeritaWarisi Trah Keluarga Pejabat, Ayah Syarifah Sopiah Mantan Bupati Bogor Dua Periode

Warisi Trah Keluarga Pejabat, Ayah Syarifah Sopiah Mantan Bupati Bogor Dua Periode

BOGOR DAILY- Ditunjuk sebagai sekertaris Daerah Kota Bogor, ternyata Syarifah Sofiah Dwikorawati anak mantan Bupati Bogor Ayip Rughby. Trah keluarga pejabat itu diwarisi sang ayah hingga Syarifah pun berhasil menapaki karirnya sebagai birokrat sukses dengan jabatan strategis.

Sosok Ayip Rughby yang merupakan ayah dari Syarifah Sofiah itu mantan bupati Bogor ke tujuh. Ayip Rughby menjabat bupati Bogor selama dua periode dari awal menjabat pada tahun 1976-1978 dilanjut lagi pada tahun 1978-1983.

“Pak Ayip Rughby mantan bupati Bogor merupakan ayah handa dari ibu Syarifah, dan Ibu Syarifah saat ini menjabat sebagai Kota Bogor,” ujar Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto di sela-sela pelantikan Syarifah Sofiah Dwikorawati di Plaza Balai Kota Bogor, Kamis (1/10/2020).

Tentu kata Bima, sosok Syarifah Sofiah tidak asing lagi dikenal di Kota Bogor, karena wanita kelahiran 10 November 1964 itu besar di Kota Hujan yang pernah menjadi alumni SD Pengadilan 1 Kota Bogor, SMP Negeri 4 Kota Bogor, dan SMA Negeri 2 Kota Bogor.

Kemudian Syarifah juga melanjutkan pendidikannya ke jenjang yang lebih tinggi, yakni S1 Sarjana Perikanan IPB University, S2 Magister Saint Ilmu Pengelolaan dan Sumber Daya Alam di IPB University, S3 Doktor Ilmu Pengelolaan dan Sumber Daya Alam di IPB University.

“Hari ini menyambut kota Bogor perempuan pertama, ini ibu Doktor Ir Syarifah Sofiah, ibu ipah birokrat senior di kabupaten, walaupun dari SD, SMP SMA sampai kuliah tidak pernah meninggalkan Kota Bogor,” jelas Bima.

Orang nomor wahid di Kota Bogor itu mengucapkan selamat kembali lagi kepada Syarifah Sofiah di Kota Bogor.”Saya tidak akan mengucapkan selamat datang kepada Ibu Syarifah, tapi selamat kembali ke kota Bogor tercinta ini, Insyallah kebersamaan akan dijaga untuk Kota Bogor,” imbuhnya.

Ia menjelaskan, sejarah mencatat bahwa birokrat hebat di Bogor bisa menjadi pejabat tinggi di kota maupun Kabupaten Bogor, ia mencontohkan seperti Eddy Gunardi yang tadinya menjabat sebagai dan wakil bupati di Kabupaten Bogor, juga pernah menjabat wali Kota Bogor pada tahun 1994-1999.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here