Friday, 29 March 2024
HomeBeritaWaspada Gaess, Bobol Akun Nasabah Bank dan Grab hingga Rp21 Miliar,...

Waspada Gaess, Bobol Akun Nasabah Bank dan Grab hingga Rp21 Miliar, Begini Cara Sindikat Ini Beraksi

BOGOR DAILY – Polri membeberkan modus kejahatan sindikat pembobol akun nasabah bank dan Grab asal Tulung Selapan, Ogan Komering Ilir (OKI), Sumatera Selatan (Sumsel). Polri menuturkan para pelaku memanfaatkan one time password.

“Tersangka ini menggunakan one time password, artinya nasabah ini mendapatkan password dari rekening tadi dari bank. Biasanya kita membuka rekening, kemudian kita ada di bagian admin, nah itu dikasih kan password sama perbankan untuk konfirmasi,” jelas Kadiv Humas Polri Irjen Argo Yuwono kepada wartawan di Bareskrim Mabes Polri, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin (5/10/2020).

Argo melanjutkan pelaku kemudian menghubungi korbannya. Mereka berpura-pura sebagai pegawai bank yang hendak memperbarui data pemilik rekening atau akun.

“Inilah, kemudian pelaku ini seolah-olah dari pihak bank, kemudian dia bisa update sistem dan lain-lain. Jadi dia telepon nasabah bank, minta password dengan alasan sedang perbaikan data identitas sedang perbaikan sistem dan lain-lain,” jelas Argo.

Usai mendapatkan OTP, sindikat lalu dengan leluasa memindahkan saldo korban ke rekening penampungan “Setelah yang bersangkutan dapat password, bisa melihat saldo dan bisa dia transfer ke rekening penampungan,” sambung Argo.

Argo lalu menjelaskan sistem bagi hasil kejahatan di sindikat ini. ‘Sang kapten’ mendapat bagian setengahnya dari hasil kejahatan dan sisanya dibagikan ke anak buah yang melakukan membantu aksinya.

“Jadi pembagiannya setiap dia mendapat uang, setiap dia ngambil, kaptennya mendapat 50 persen,” ujar Argo.

Sebelumnya diberitakan, Bareskrim Polri menangkap sindikat pembobol akun nasabah bank dan Grab dengan total kerugian yang dialami korban Rp 21 miliar.

“Yang Grab (kerugian) Rp 2 miliar. Sisanya (kerugian) perbankan,” tutur Argo sebelumnya.

Argo menyampaikan jumlah pelaku yang berhasil diamankan adalah 10 orang. Pelaku berinisial berinisial AY (19), YL (25), GS (26), K (53), J (50) dan RP (18), KS (28), CP (27), PA (38), dan AH (34).

Para pelaku ditangkap di Kecamatan Tulung Selapan, Ogan Komering Ilir (OKI), Sumatera Selatan, pada Sabtu (3/10). (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here