Zhang Yiming Jadi Karya Raya Lewat TikTok

  • Whatsapp

BOGOR DAILY- Sebagai Pendiri ByteDance, Zhang Yiming kini menjadi salah satu orang terkaya di China dengan total harta mencapai US$ 16,2 miliar atau setara Rp 228 triliun. Kekayaannya itu berkat aplikasi yang dibuatnya seperti TikTok dan Jinri Toutiao yang sangat sukses.
Melansir SCMP, nama Zhang Yiming sebenarnya berasal dari pepatah China yang berarti mengejutkan semua orang dengan usaha pertama. Namun kesuksesannya yang dia raih sebagai pengusaha teknologi bukanlah usaha dalam semalam. Banyak perjuangan yang harus dia lalui.

Saat masa kuliah Zhang sempat beralih jurusan dari mikroelektronika ke rekayasa perangkat lunak. Saat itulah dia juga bertemu dengan istrinya saat ini.

Read More

Ketika lulus dari Universitas Nankai, dia bekerja di perusahaan yang bernama Kuxun sebagai karyawan yang pertama. Di tahun kedua dia bekerja, Zhang sudah memiliki tanggung jawab terhadap sekitar 40-50 karyawan bawahannya. Dia memegang tanggung jawab untuk urusan teknologi back-end dan tugas lain yang terkait dengan produk. Rasa tanggung jawab itulah yang dia pegang sebagai etos kerja.

“Saat itu saya bertanggung jawab atas teknologinya, tapi ketika produknya bermasalah, saya akan aktif berpartisipasi dalam pembahasan product plan. Banyak orang mengatakan bukan ini yang seharusnya saya lakukan. Tapi saya ingin mengatakan: rasa tanggung jawab Anda dan keinginan Anda untuk melakukan sesuatu dengan baik, akan mendorong Anda untuk melakukan lebih banyak hal dan mendapatkan pengalaman,” kata Zhang.

Sebagai seorang insinyur pada saat itu, pengalaman dan keterlibatan Zhang di sektor bisnis akhirnya terbukti berguna dalam usahanya sendiri.

“Saya ingat pada akhir tahun 2007, saya pergi menemui klien dengan direktur penjualan. Pengalaman ini memberitahu saya penjualan apa yang merupakan penjualan yang baik. Ketika saya mendirikan Toutiao dan merekrut staf, contoh-contoh ini sangat membantu saya,” kenangnya.

Pengalaman itu terbayar dengan sangat baik. Saat ini, pria berusia 36 tahun itu termasuk yang terkaya di China dengan kekayaan bersih sekitar US $ 16,2 miliar. Dia memperoleh sebagian besar kesuksesannya saat mendirikan ByteDance, sebuah perusahaan teknologi yang berbasis di Beijing.

Perusahaan ini dikenal sebagai pemilik platform agregasi berita, Jinri Toutiao. Selain itu perusahaan ini juga memiliki aplikasi berbagi video pendek yang saat ini sedang booming di seluruh dunia, TikTok.

Pada Juni lalu, seorang eksekutif perusahaan menyatakan bahwa perusahaan telah mencapai lebih dari satu miliar pengguna aktif di seluruh aplikasinya awal tahun ini.

“Sejak saya menjadi pengusaha, saya telah dihadapkan pada lebih banyak orang dan pengalaman. Ketika saya masih seorang insinyur, pola pikir saya sangat terbatas. Tapi sekarang saya harus mengembangkan produk, yang membuat saya perlu memahami pengguna kami dan apa yang mereka inginkan,” kata Zhang.

Untuk memahami itu, Zhang kini turut serta membuat video TikTok. Dia juga mewajibkan seluruh karyawannya untuk membuat video TikTok sendiri.

“Mereka harus memperoleh sejumlah ‘suka’. Jika tidak, mereka harus melakukan push-up. Itu adalah langkah besar bagi saya,” ucapnya.

Oktober lalu,Zhang mendapatkan putaran pendanaan baru sebesar US$ 3 miliar. Hal itu membuat ByteDance kini bernilai sekitar US$ 75 miliar. Menurut Crunchbase, sederet investor besar di ByteDance di antaranya General Atlantic, SoftBank, KKR & Co dan Primavera Capital Group

Loading...

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *