Friday, 29 March 2024
HomeBerita21 Tahun Kiprah STAI Al Hidayah, Siap Beralih ke Institut Tahun Depan

21 Tahun Kiprah STAI Al Hidayah, Siap Beralih ke Institut Tahun Depan

BOGOR DAILY- Dr Unang Wahidin kini tercatat sebagai Ketua STAI Al-Hidayah. Sekolah Tinggi Agama Islam yang berada di Jalan Raya Dramaga, Kelurahan Margajaya, Kecamatan Bogor Barat itu telah berdiri sejak 1999. Dan baru dua tahun kemudian izin operasionalnya pun keluar.

Ada lima program studi berbasis islam yang disiapkan. Di antaranya, Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI), Program Sarjana (akreditasi B), Hukum Keluarga Islam (ASh), Program Sarjana (akreditasi B), Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir (IAT), Program Sarjana (akrefitasi B), Manajemen Pendidikan Islam (MPI), Program Sarjana (akreditasi C) dan Perbankan Syariah, Program Diploma (Akreditasi C).

“Di kampus ini ada 36 dosen tetap. Terdiri dari 30 dosen tetap bergelar doktor dan 6 asisten ahli,”ungkap Unang.

Sementara, mahasisnya yang aktif berjumlah 988 orang. Sejak 2004, sudah 1.252 alumni yang diwisuda dari .

“Alhamdulillah, alumni langsung.terserap di dunia pemdidiikan baik lembaga pemerintahan manapun swasta . Sesuai disiplin ilmu yang dimiliki,”ungkap,”ungkap Unang yang merupakan jebolan Ikip Bandung 99 prodi Pendidikan luar sekolah.

Bicara soal prestasi, STAI Al-Hidayah sudah sering menorehkan capaian membanggakan. Pada 2017, meraih predikat terbaik ke 1 sebagai (PT) Keagamaan Islam klaster sekolah Tinggi agama islam Wilayah 2 Jabar. Kemdudian pada 2018, kembali meraih prestasi terbaik kedua sebagai PT Keagamaan Islam Swasta Jabar.

Tak berhenti sampai di situ, di tahun berikutnya, juga mendapatkan prestasi terbaik ke7 PT wilayah dua Jabar. “Dan tahun ini kembali menyabet gelar terbaik ke-1 sebagai perguuruan tinggi swasta klaster agama wilayah 2 Jabar. dan terbaik ke-1 dalam kategori Jurnal Ilmiah terakreditasi terbanyak Keaagamaan Islam wilayah 2 Jabar.

Undang yang berhasil menyelesaikan studi Strata 3 Program Doktor Pendidikan Luar Sekolah UPI Bandung ini berkeinginan agar pada 2021 bisa beralih statusnya menjadi intitut.

“Insyaallah tahun depan bisa belalih ke institut. Dan, kami berkomitmen untuk terus berkiprah membangun negeri,”tandas Undang yang juga alumni S2 Prodi Pendidikan Agama Islam Universitas Ibnu Khaldun.

Jurnal Ilmiah yang mendapat apresiasi:
1. Edukasi islami Jurnal Pendidikan Islam. Terakreditasi Sinta Tiga
2. Al Maslahah Jurnal hukum dan pranata Islam terakreditasi Sinta 3
3. Al Tadabur Jurnal ilmu al quran dan tfasir akreditasi sinta empat
4. Jurnal ekonomi dan Bisnis Islam terakreditasi Sinta 6.
5. Khitmmatul Ummah Jurnal Pendidikan pada masyarakat. (*Sedang proses akreditasi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here