Thursday, 2 May 2024
HomeBeritaIni Dia Kandidat Calon Kuat Ketum PPP

Ini Dia Kandidat Calon Kuat Ketum PPP

BOGOR DAILY-PPP akan memilih ketua umum definitif dalam Muktamar IX yang akan dibuka malam ini. Peta bursa kandidat calon ketua umum PPP sudah tergambarkan sejauh ini.

Muktamar IX PPP digelar di Makassar, Rabu (18/12/2020), pukul 20.00 WITA dan dibuka Presiden Joko Widodo (Jokowi). Sembilan kota lainnya akan mengikuti muktamar ini.

“Muktamar IX PPP akan dibuka malam ini pukul 20.00 WITA. Pembukaan dilakukan di Kota Makassar sebagai kota penyelenggara dan diikuti dari 9 kota lainnya; Medan, Padang, Palembang, Tangerang, Bogor, Semarang, Surabaya, Samarinda, Manado,” kata Sekretaris OC Muktamar IX PPP, Achmad Baidowi atau Awiek, Jumat (18/12/2020).

“Muktamar akan dibuka resmi Presiden Joko Widodo dari Istana secara virtual,” imbuh Awiek.

PPP bakal memilih ketua umum baru definitif dalam muktamar kali ini. Semenjak Romahurmuziy atau Rommy dicokok KPK, posisi dijabat seorang Plt yakni Suharso Monoarfa.

Ada dua calon terkuat sejauh ini. Namun, tokoh senior PPP lainnya sempat menyatakan siap maju di muktamar. Berikut ini kandidat calon yang dirangkum detikcom hingga siang ini:

1. Suharso Monoarfa

Suharso Monoarfa merupakan plt semenjak Rommy ditangkap KPK. Suharso terpilih menjadi Plt dalam Mukernas yang diselenggarakan awal 2019 kemarin.

Saat itu, Suharso Monoarfa menangis ketika berpidato. Suharso berbicara lambang kakbah partai dan sifat kader yang menurutnya tidak selaras. “Ya Allah…,” katanya menangis.

Selain sebagai plt , Suharso Monoarfa saat ini menjabat Menteri PPN/Kepala Bappenas. Nama Suharso disebut-sebut sebagai kandidat terkuat .

“Kalau lihat hasil rapimwil DPW-DPW, banyak yang menyebut nama Pak Suharso, bahkan minta aklamasi,” ucap Awiek.

2. Taj Yasin

Calon terkuat untuk menjabat berikutnya yakni Taj Yasin. Taj Yasin adalah putra kiai kharismatik Maimoen Zubair atau Mbah Moen, salah satu tokoh yang dihormati di PPP. Taj Yasin saat ini menjabat Wagub Jateng.

DPW PPP Jawa Tengah mendukung Taj Yasin menjadi . Memang ada nama lain yang diusulkan, namun PPP Jateng bulat mendukung Taj Yasin atau biasa disapa Gus Yasin.

“Ada sejumlah nama yang diusulkan. Namun meski mengusulkan nama-nama lainnya, nama Gus Yasin juga diusulkan sehingga mayoritas sudah mengusulkan Gus Yasin sebagai calon ,” kata pimpinan rapat DPC PPP se-Jateng, Abdul Aziz, dalam keterangan tertulisnya, Selasa (15/12/2020).

3. Rusli Effendi
Wasekjen PPP Achmad Baidowi atau Awiek menyebutkan sejumlah tokoh yang telah mendeklarasikan diri sebagai caketum PPP. Salah satunya yakni Ketua DPP PPP Rusli Effendi.

“Ada nama Rusli Effendi (ketua DPP) yang sudah menyatakan kesiapannya di hadapan DPW-DPC PPP se-Riau,” kata Baidowi saat dikonfirmasi, Jumat (4/12/2020).

4. Tokoh senior hingga anggota Wantimpres

Beberapa nama juga disebut-sebut bakal maju di Muktamar PPP. Mereka adalah anggota Wantimpres hingga salah satu senior PPP.

“Dan ada sejumlah nama yang disebut-sebut bakal maju seperti Pak Mardiono (anggota Wantimpres) dan Pak Akhmad Muqowam (senior PPP) yang juga dinilai punya peluang maju,” kata Achmad Baidowi, Jumat (4/12).

“Hal ini menunjukkan bahwa kader PPP banyak yang mumpuni dan proses demokrasi berjalan maksimal di internal PPP,” jelas dia menambahkan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here