Sunday, 5 May 2024
HomeBeritaMemperingati Hari Korpri, Distabhorbun Bagikan Bantuan Ratusan Bibit Talas ke Poktan Cakra...

Memperingati Hari Korpri, Distabhorbun Bagikan Bantuan Ratusan Bibit Talas ke Poktan Cakra Bantenan

BOGOR DAILY – Dalam rangka memperingati momentum ke-49, Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan (Distanhorbun) berikan bantuan 300 bibit talas kepada Kelompok Tani Cakra Bantenan di Poskodal Karang Taruna Kecamatan Cibinong.

Pemberian bantuan bibit talas ini dihadiri oleh Sekertaris Distanhorbun beserta anggota korpri dari Dinstanhorbun, Lurah Kelurahan Tengah Kecamatan Cibinong dan beberapa anggota Kelompok Tani Cakra Bantenan dengan tetap menjaga protokol kesehatan seperti mencuci tangan, berjaga jarak, dan memakai masker.

Sekdistanhorbun Kabupaten Bogor, Farida Khuriyati menyampaikan pemberian bibit talas tersebut merupakan percontohan untuk masyarakat lainnya, agar memanfaatkan lahan pekarangan yang mana talas sebagai sumber karbohidrat selain beras.

“Kenapa kita pilih talas, karena salah satu sumber karbohidrat selain beras. Juga untuk memanfaatkan lahan pekarangan yang saat ini Terbatasnya lahan karena lahan yang semakin kesini semakin mengurang untuk hanya mengandalkan beras saja,” ungkapnya.

Selain itu, kata dia, Talas juga disebut sebagai ciri khas Bogor yang layak untuk dibudidayakan untuk keperluan komersial, konsumsi ataupun tanda yang sudah terkenal dengan ke-Bogor-an nya.

“Karena kalau orang luar ke Bogor, kesan pertamanya mesti talasnya. Jadi kita harus melestarikan talas ini. Saat ini pun Kabupaten Bogor setiap tahunnya memanen hingga sebanyak talas 11.487 ton dengan berbagai jenis talas,” jelas Farida khuriyati

Adapun yang diberikan oleh Distanhorbun kepada Poktan Cakra Bantenan berupa 3 jenis talas yang masing-masing jenis 100 bibit.

“Jenis-jenis talas yang diberikan yaitu Talas Sutra, Talas Bentul, dan Talas bulkok sebanyak 100 bibit per jenisnya,” ia meneruskan.

Penyerahan bibit tersebut, diterima langsung oleh Lurah Tengah dan diberikan oleh lurah Tengah ke perwakilan Poktan Cakra Bantenan.

Di tempat yang sama, Lurah tengah Kecamatan Cibinong, Awan menyampaikan bahwa penyerahan bibit talas tersebut merupakan bukti kasih sayang dan kepedulian Distanhorbun kepada Kelompok tani.

“Inilah bukti peduli kasih sayang dan kepedulian Distanhorbun kepada masyarakatnya Kelurahan Tengah Kecamatan Cibinong yang merupakan Jantung Ibu Kota Kabupaten Bogor,” ungkap Awan.

Tak hanya itu, Ketua Kelompok Tani Cakra Bantenan pun turut berterima kasih atas pemberian bibit yang dilangsungkan oleh Distanhorbun. Ia berharap jalinan antara Distanhorbun dan Poktan Cakra Bantenan terus melekat.

“Jadi pergerakan kami ini tidak akan berhenti, kami akan terus bergerak. Apalagi sekarang orang tua kami di Distanhorbun sudah mengetahui keberadaan kami. Mudah-mudahan hubungan kami semakin baik dan bisa bersinergi untuk sama-sama menyelesaikan problem yang ada di masyarakat,” ungkap Ketua Kelompok Tani Cakra Bantenan, Dian Asmara. (Egi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here