Saturday, 20 April 2024
HomeBeritaRS Azra Menggelar Health Talk Online Mengenali Perbedaan Antara Tes Rapid, Serologi,...

RS Azra Menggelar Health Talk Online Mengenali Perbedaan Antara Tes Rapid, Serologi, dan PCR Swab Live Instagram @rsazra

BOGOR DAILY – Beragam macam tes kesehatan yang tersedia diberbagai instansi pelayanan kesehatan, mulai dari puskesmas, laboratorium hingga rumah sakit.

Tes yang umum dan banyak tersedia di tengah-tengah masyarakat yaitu Rapid Test dan Swab Test. Namun, saat ini muncul jenis tes baru salah satunya disebut Selorogi.

Dalam kesempatan ini, Rumah Sakit Azra Bogor menggelar Health Talk Online tentang “Mengenali Perbedaan Antara Tes Rapid, Serologi, dan PCR Swab” bersama dokter spesialis Patologi Klinik , dr. Tanty Herdiyani, Sp.PK.

Bertujuan agar masyarakat lebih paham apa perbedaannya dan mengetahui pemeriksaan apa yang lebih tepat sesuai dengan kebutuhannya.

“Untuk akurasi, dilihat dari perjalanan penyakitnya. Jika pemeriksaan PCR bisa dilakukan dari awal terasa gejala sampai minggu kedua atau ketiga. Untuk anti-gen rapid lebih bagus di minggu pertama,” tutur dr. Tanty dalam penyampaiannya.

Selain ketiga jenis pemeriksaan yang disebutkan, ada yang disebut pemeriksaan Anti-Gen Rapid. Dimana cara pemeriksaan dengan pengambilan sample swab.

Namun hal ini disebutkan kurangnya tingkat ke akurasian, dikarenakan apabila keluar satu hasil maka belum dapat dinyatakan hasil tersebut valid. Lalu perlu dilakukan lagi tes lanjutan yaitu PCR, yang mana PCR Swab adalah Goal Standar dari pemeriksaan Sars-Cov.

Banyak masyarakat merasa untuk melakukan satu pemeriksaan uji PCR Swab dibutuhkan biaya yang cukup mahal, walaupun menurut dr. Tanty hasil yang diperoleh dari PCR Swab lebih dari 95% tingkat keakurasiannya. Untuk mensiasati hal tersebut, berbagai penyedia pemeriksaan virus Sars-Cov memberikan pilihan lain, salah satunya yang memiliki Tes Serologi.

“Serologi merupakan pemeriksaan yang diambil darahnya, lalu di uji dengan alat otomatis yang hasilnya fokus tertuju untuk mengetahui apakah seseorang memiliki virus Sars-Cov dalam tubuhnya atau tidak.” tambahnya.

Artinya hasil dari pemeriksaan serologi dapat di katakan lebih akurat dari Anti-Gen Rapid. Dengan biaya yang jauh lebih murah dari PCR Swab.

Menurut dr. Tanty, pemeriksaan dapat dilakukan sesuai dengan kebutuhan. Apabila seseorang hanya diperlukan untuk screening cukup dengan serologi saja.

Akan tetapi jika seseorang sudah merasakan gejala suatu gangguan dalam tubuhnya, ataupun diketaui baru kontak dengan salah satu keluarga atau kerabat yang dinyatakan positif Covid-19, maka lakukan pemeriksaan pasti dengan PCR Swab.

Ada masa-masa terbaik untuk melakukan pemeriksaan, untuk pemeriksaan serologi lakukan antara pada hari ke-10 sampai dengan hari ke-14.

Dan pada pemeriksaan PCR Swab dapat dilakukan kapan saja, karena seperti yang sudah dijelaskan hasil dari sebuah pemeriksaan PCR Swab akurat lebih dari 95%.

Di Rumah Sakit Azra Bogor menyediakan pelayanan pemeriksaan Serologi dan PCR Swab. Untuk biaya Serologi Rp 150.000,- dan untuk PCR Swab dimulai dari Rp 900.000,-.

pun memiliki fasilitas Drive-Thru yang memudahkan pengunjung tidak perlu turun dari mobil untuk melakukan pemeriksaan. Jam operasionalnya dimulai dari Hari Senin-Sabtu, pukul 08.00 – 12.00 WIB.

Untuk mengetahui informasi lebih lanjut dapat menghubungi call center atau DM @rsazra di instagram. Ikuti terus kegiatan yang terus update memberiksan edukasi-edukasi kepada masyarakat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here