Saturday, 4 May 2024
HomeBeritaSejarah Harbolnas 12.12 dan 7 Trik Belanja Hemat Agar Kantong Ngga Jebol

Sejarah Harbolnas 12.12 dan 7 Trik Belanja Hemat Agar Kantong Ngga Jebol

BOGOR DAILY – Apa itu seperti apa sejarahnya? dan bagaimana supaya bisa belanja hemat saat ??

Ya, Hari Belanja Online () menjadi salah satu yang paling ditunggu-tunggu oleh banyak orang setiap tahunnya.

Bagaimana tidak, sederet e-commerce menawarkan diskon gede-gedean hingga gratis ongkir yang bikin kamu jadi kalap berbelanja.

Penawaran tersebut tentunya membuat sebagian orang berlomba-lomba untuk mendapatkan brand yang diingingkannya.

sudah menjadi kegiatan tahunan yang diprakarasai bersama oleh enam e-commerce besar di Indonesia sejak 12 Desember 2012, yaitu Lazada Indonesia, Zalora, Blanja, PinkEmma, Berrybenka dan Bukalapak.

Setelah sukses menggelar hari belanja online nasional pada tahun 2012, hal tersebut terus dilakukan, tahun 2020 ini kembali akan digelar Hari Belanja Online Nasional yang akan jatuh pada tanggal 12 Desember, itulah sebabnya Hari Belanja Online Nasional ini lebih dikenal juga sebagai hari 1212.

Promo ataupun diskon 12.12 tak hanya datang dari e-commerce, tetapi saat ini juga restoran, mal, dan berbagai macam tempat yang menjual kebutuhan Anda.

Supaya kantong tidak jebol berikut ini tips supaya tak gampang tergiur dengan banyaknya diskon di 12.12.

1. Ingat
Terkadang, banyaknya aktivitas yang dilakukan setiap hari membuat orang-orang lupa akan . Untuk itulah, kamu harus bisa mengingat atau membuat catatan tentang yang sebentar lagi akan tiba. Dengan begini, kamu akan mendapatkan barang dengan harga yang terbaik.

2. Preview dan Wishlist

Membuat catatan yang berisi preview dan wishlist, dijamin kamu tak akan kalap berbelanja saat tiba. Daftar preview dapat membantumu dalam mengulas barang-barang yang akan kamu beli. Sedangkan wishlist, bisa digunakan sebagai fitur untuk membuat daftar belanja barang apa saja yang dibutuhkan. Sehingga saat Harbolnas tiba, kamu hanya membeli barang-barang yang sudah tertera dalam wishlistmu.

3. Rutin cek promo Harbolnas

Saat perayaan Harbolnas, tepatnya pukul 00.00 kamu memiliki peluang yang cukup besar untuk mendapatkan penawaran harga terbaik dengan jumlah terbatas. Kamu bisa memasang pengingat untuk mengecek promo di saat Harbolnas tiba.

4. Pastikan barang memiliki sistem retur

Sistem retur dalam barang ini berfungsi untuk memudahkan kamu jika ingin mengembalikan barang yang sudah dibeli, karena adanya kerusakan atau tidak sesuai harapan. Dengan begini, kamu akan mendapatkan kesempatan untuk mengganti barang yang sudah dibeli dengan produk baru.

5. Buat batasan nominal

Hal ini penting untuk dilakukan agar saat Harbolnas, isi kantong jadi tak jebol. Kamu harus membuat batasan nominal harga barang yang ingin dibeli. Untuk itu, belilah produk atau barang yang benar-benar kamu butuhkan. Jika nominal atau budget belanja sudah melebihi batas, sebaiknya hentikan aktivitas belanja online.

6. Cek ulang barang sebelum dibayar
promo

Harga barang yang murah sering kali membuat orang-orang mudah untuk membelinya. Padahal, sebelum melakukan pembayaran, ada baiknya jika kamu mengecek kembali barang-barang yang akan dibeli. Jangan sampai karena banyak diskon, kamu membeli barang yang tak terlalu dibutuhkan hingga berakhir mubazir.

7. Cek promo tambahan

Satu hal lagi yang kamu harus perhatikan saat belanja di Harbolnas ialah promo dari sejumlah situs berhemat. Biasanya, situs ini akan memberi penawaran dengan kode promo eksklusif atau cashback. Kode ini sudah pasti akan membantumu mendapatkan diskon tambahan dari total potongan harga pada saat check out.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here