Tuesday, 28 May 2024
HomeBeritaTingkatkan Kualitas SDM, Damkar Berikan Pelatihan Sesuai Jenjang

Tingkatkan Kualitas SDM, Damkar Berikan Pelatihan Sesuai Jenjang

BOGOR DAILY – Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Bogor memberikan berjenjang kepada anggotanya. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM).

Kepala Seksi Penguatan Kapasitas Asman Dila mengatakan,  ini digelar setiap setahun sekali sesuai jenjang dan tugas dan fungsi pokok anggotanya.

Mulai dari jenjang Pemadam Kebakaran (PK)  1, PK 2,PK3, Rescue, Medical Rescue, dan instruktur.

” Kami berikan sesuai jenjangnya, ” ungkap Asman Dila

Namun, khusus tahun ini berjenjang itu tidak diselenggarakan karena pandemi Covid-19 yang belum juga reda di Kabupaten Bogor.

Tidak sampai di situ, walaupun untuk anggota Damkar tidak dilakukan di tahun  ini, namun memberikan kepada seluruh security yang ada di setiap Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD)

anggota untuk tahun ini kami  tiadakan, kami berikan kepada  security di tiap SKPD untuk menanggulangi kebakaran,”terangnya

Dia mengungkapkan,  pemberian materi untuk setiap sekuriti SKPD untuk memberikan keterampilan dalam melakukan upaya cepat tanggap dalam meminimalisir terjadinya kebakaran.

“Karena saya melihat di kantor-kantor itu rawan kebakaran, karena banyaknya arsip-arsip penting. Kita antisipasi supaya tidak seperti Kejagung yang terbakar ludes,”. ungkapnya.

Oleh karenanya, Damkar memberikan cara menggunakan Alat Pemadam Kebakaran Ringan (APAR) dan cara-cara memadamkan api ringan.

“Kita berikan pelatihan bagaimana cara penggunaan APAR untuk menaklukkan kebakaran awal,” jelasnya.

Di akhir perbincangan bersama Bogordaily.net, ia menyampaikan bahwa 2021 akan mulai kembali pelatihan kepada anggotanya sesuai dengan jenjang setiap anggota.

“Di  2021 saya berupaya membuat program  berjenjang mulai dari tahapan-tahapan jenjang seperti yang telah disebutkan. Untuk penguatan kapasitas di setiap tupoksinya,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here