Monday, 29 April 2024
HomeBeritaBerdayakan Partisipasi Warga, Program Samisade Fokus Garap Infrastruktur

Berdayakan Partisipasi Warga, Program Samisade Fokus Garap Infrastruktur

BOGORDAILY- Program Satu Milyar Satu Desa () yang telah disahkan lewat rapat paripurna DPRD Kabupaten Bogor pada Senin, (30/11/2020) lalu bakal direalisasikan di tahun ini.

Program andalan Buati Bogor Ade Yasin dan wakilnya Iwan Setiawan tersebut bakal fokus menggarap padat karya infrastruktur dengan memberdayakan partisipasi warga.

Bupati Bogor Ade Yasin mengatakan bahwa program akan benar-benar dirancang untuk di setiap desa se-kabupaten Bogor, sekaligus membuka lapangan kerja baru bagi masyarakat Kabupaten Bogor melalui padat karya.

“2021 ini kita lebih kepada padat karya, pemberdayaan masyarakat melalui . Jadi lebih kepada memberikan kail daripada ikan,” kata Ade Yasin

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Bogor, Renaldi Yushab Fiansyah menyampaikan program ini diperuntukkan bagi masyarakat sekitar untuk memanfaatkan tenaga masyarakat dan pemulihan ekonomi masyarakat.
.
“Jadi, sesuai dengan usulan yang sudah para desa usulkan, beberapa kegiatan diantaranya infrastruktur. Nah nanti dalam proses dan kebijakan lebih lanjut, diharapkan kebijakan di Desa itu melibatkan masyarakat dalam bentuk padat karya,” ucapnya.

Selain itu, ia menegaskan, komponen pembiayaan kegiatan yang diajukan setiap desa pun mesti ada sangkut pautnya dengan masyarakat desa setempat.

“Jadi ini memanfaatkan tenaga masyarakat yang masuk kedalam komponen pembiayaan kegiatan. Jadi ada aspek manfaat bagi masyarakat benar-benar terasa, khusunya dalam program tahun ini,” paparnya

Renaldy pun menyampaikan program saat ini masih sedang dalam proses verifikasi dari pihak kecamatan agar apa yang diajukan benar-benar berdasarkan pedoman yang tepat.

“Hari ini dalam tahap verifikasi. Minggu ini selesai temen-temen di kecamatan melakukan verifikasi kegiatan, survei ke lapangan, terus menghitung komponen kegiatan secara fix berdasarkan teknis dan kaidah pembiayaan yang tepat. Mudah-mudahan mulai Februari sudah ada pengguliran” tutupnya. (egi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here