Friday, 26 April 2024
HomeBeritaJokowi Serahkan 584.407 Sertifikat Tanah di 26 Provinsi secara Virtual

Jokowi Serahkan 584.407 Sertifikat Tanah di 26 Provinsi secara Virtual

BOGORDAILY – Kantor Pertanahan Kota Bogor mengikuti penyerahan Sertipikat bersama Presiden RI secara Virtual di Balai Kota Bogor pada hari Selasa (05/01/2021).

Acara dimulai dengan sambutan Menteri Agraria dan Tata Ruang / Kepala Badan Pertanahan Nasional Sofyan Djalil, dilanjutkan dengan sambutan oleh Presiden RI Jokowi Widodo serta doa bersama dan Penyerahan Sertipikat Tanah.

“Dengan pembagian sertipikat ini diharapkan masyarakat mendapatkan akses permodalan, disamping dengan kepastian hukum tentang tanah mereka,” ucap Menteri Agraria dan Tata Ruang / Kepala Badan Pertanahan Nasional Sofyan Djalil.

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo menyerahkan sebanyak 584.407 sertifikat tanah di 26 provinsi seluruh Indonesia.

“Hari ini, saya akan menyerahkan 584.407 sertifikat tanah di 26 provinsi dan 273 kabupaten/kota,” ungkap Presiden Republik Indonesia Joko Widodo.

Jika keadaan masih normal, realisasi sertifikasi tanah pada tahun 2020 bisa mencapai sampai melampaui target yang ditetapkan.

Di tahun 2017, realisasi penyertifikatan tanah mencapai 5,4 juta bidang dari target yang ditetapkan sebanyak 5 juta.

Lalu di tahun 2018, Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) mampu menyertifikatkan sebanyak 9,3 juta bidang tanah.

Dan pada tahun 2019 dan 2020 sebanyak 9 juta dan 6,8 juta bidang tanah telah disertifkatkan oleh Pemerintah.

Presiden mengucapkan terima kasih kepada seluruh jajaran ATR / BPN dan memberi pesan kepada masyarakat agar menjaga dengan baik surat tanah tersebut.

“Terimakasih kepada seluruh jajaran ATR / BPN yang telah bekerja dengan keras sampai saat ini. Pesan saya, simpan baik-baik ini yang namanya sertifikat tanah, fotokopi di lemari satu, dan yang asli ditaruh di lemari satunya. Jadi, kalau hilang masih bisa diurus dengan cepat,” tutupnya.

Kepala Kantor Pertanahan Kota Bogor Erry Juliani Pasoreh, SH, M. Si, M. Kn mengatakan manfaat sertipikat tanah dan target yang akan dicapai pada tahun 2021.

“Di tahun ini ada sebanyak 5 ribu sertipikat yang akan disiapkan untuk anggaran dari klaster 3 ke klaster 1. Manfaatnya sangat banyak, salah satunya agar pajaknya diketahui dan menjadi modal usaha,” ucapnya.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bogor Syarifah Sofiah mengatakan bahwa di tahun ini tetap melakukan koordinasi dengan Kantor Pertanahan Kota Bogor.

“Kami selama ini sudah banyak bekerjasama dengan Kantor BPN seperti peta digitalisasi di kelurahan dan pengamanan aset – aset. Kedepannya kami akan terus meningkatkan kerjasama yang baik,” tutup Sofiah. (Shandra)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here