Monday, 29 April 2024
HomeBeritaUPDATE! Jangan Lupa Ini, Fungsi Mineral Bagi Tubuh

UPDATE! Jangan Lupa Ini, Fungsi Mineral Bagi Tubuh

Bogordaily.netMineral merupakan senyawa non organik yang baik bagi perkembangan setiap hari. bagi sangat beragam, yang mencakup sistem dan organ tubuh.

Beberapa di antaranya ialah sistem daya tahan tubuh, sistem peredaran darah, tulang dan gigi, bahkan perlindungan sel-sel tubuh dari kerusakan juga membutuhkan dukungan asupan mineral.

makro dibutuhkan oleh tubuh seperti magnesium, kalsium, fosfor, dan kalium.

Lalu, apa saja fungsi dari masing-masing mineral tersebut untuk tubuh, simak informasinya berikut ini :

1. Magnesium.

Magnesium adalah yang berfungsi untuk membantu mengaktifkan ratusan jenis enzim di dalam tubuh.

Karena dapat membantu proses metabolisme protein dan lemak, serta dapat menyeimbangkan elektrolit dalam tubuh.

Tubuh dapat memenuhi kebutuhan magnesium dengan mengkonsumsi sayuran daun yang berwarna hijau, tahu, tempe, dan daging merah.

Selain didapatkan dari makanan, mineral berupa magnesium juga juga dapat dipenuhi dengan sediaan tablet magnesium sebagai suplementasi dan magnesium oil.

2. Fosfor.

Fosfor juga memiliki fungsi yang sama, selain berfungsi sebagai pembentuk tulang dan gigi, fosfor juga berperan penting untuk perbaikan sel dan jaringan tubuh.

Karena fosfor termasuk pada mineral makro karena jumlah asupan yang dibutuhkan per harinya berkisar antara 700mg.

Tubuh dapat memenuhi kebutuhan fosfor dengan mengonsumsi daging sapi, daging ayam, produk ikan, dan biji-bijian yang tergolong pada jenis serealia seperti quinoa, jagung, dan beras.

3. Natrium.

Mungkin sudah tidak asing lagi dengan istilah natrium, natrium adalah salah satu yang sering temui pada produk garam.

Sebab, natrium berfungsi untuk mendukung kerja saraf, otot, dan mengatur volume darah yang dapat mempengaruhi tinggi atau rendahnya tekanan darah.

Hal ini menjadi penyebab bila sering mengkonsumsi makanan tinggi natrium atau garam, maka akan mengalami hipertensi. Sebab, kadar natrium yang terlalu tinggi pada tubuh akan menaikkan tekanan darah.

Bagi yang menyukai makanan bercita rasa asin, perlu berhati-hati dalam penggunaan garam agar tidak berlebihan dalam mengkonsumsi natrium.

4. Kalsium.

Kalsium adalah jenis mineral yang umum di jumpai pada produk susu, karena kalsium memiliki beberapa fungsi utama untuk menjaga tulang dan mendukung penyembuhan luka.

Kalau tubuh kekurangan kalsium akan memicu timbulnya masalah pada tubuh. Ini beresiko dapat muncul terhambatnya pertumbuhan tubuh pada usia Anak, timbul penyakit yang berkaitan dengan tulang seperti rakitis, osteoporosis, serta osteomalacia.

5. Zat Besi.

Zat besi adalah mineral yang memiliki fungsi utama untuk membantu pembentukan hemoglobin dan mioglobin.

Kedua zat tersebut adalah protein yang ada di dalam darah. Hemoglobin bertujuan untuk mengikat oksigen dalam darah dan hemoglobin bertujuan untuk mengikat oksigen darah otot.

6. Kalium

Kalium adalah jenis mineral yang memiliki fungsi dalam beberapa fungsi organ tubuh. Kalium bermanfaat untuk mendukung fungsi kerja saraf, mengontrol detak jantung, dan mendukung kerja otot.

Selain itu, kalium berfungsi untuk membuang zat sisa yang dikeluarkan oleh sel tubuh, mencegah tekanan darah tinggi yang diakibatkan oleh kadar natrium berlebih. Kalium juga termasuk pada untuk mengatur elektrolit dalam tubuh.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here