Friday, 26 April 2024
HomePolitikMengedepankan Transparansi, Rizal Ramli Dipuji NU

Mengedepankan Transparansi, Rizal Ramli Dipuji NU

Bogordaily.net – Mengedepankan transparansi, Analis politik Universitas Paramadina Herdi Sahrasad mengatakan, Rizal Ramli () dipuji Nahdlatul Ulama (NU), kata Analis politik Universitas Paramadina Herdi Sahrasad.

Menurutnya, kepemimpinan yang mengedepankan transparansi dan tidak bersikap konservatif sebenarnya sedang dicari mayoritas masyarakat Indonesia.

“Memang Rizal Ramli mungkin kurang Jawa untuk kultur Solo-Jogja, tetapi gaya artikulasi dan aksi yang lakukan sungguh transparan, jujur, terbuka dan hangat  diterima masyarakat Jawa Timur, pantai utara Jawa, Banyumas dan Jawa Barat, Banten dan lain-lain” kata Herdi pada Minggu, 7 Maret 2021.

Lalu, kata Herdi dikotomi antara Jawa dan non-Jawa dalam kepemimpinan nasional sudah usang dan tak relevan lagi.

Dia pun menyarankan, anak-anak bangsa bisa menggerus primordialisme, feodalisme, dan konservatisme, agar tidak menjadi katak dalam tempurung.

Bahkan, sejak lama oleh mendiang Abdurrahman Wahid atau Gus Dur yang berjiwa kosmopolitan dan humanis tulen.

“Siapa yang didukung NU kultural akan menang, bukan semata NU struktural,” ucap Herdi

Menurut Herdi, atau biasa disapa Gus Romli telah didukung oleh kalangan santri nahdliyin dari NU.

“Dia juga alumni kehormatan Pondok Pesantren Gontor dan anggota keluarga besar Pondok Pesantren Tebu Ireng, Jombang,” katanya.

Ia menambahkan,jangan lupa, pengalaman pahit getir dalam hidup telah membuat Rizal Ramli bakal memihak kepentingan rakyat kecil. adv

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here