Saturday, 20 April 2024
HomeBeritaKenali 4 Makanan Sehat Selama Puasa

Kenali 4 Makanan Sehat Selama Puasa

Bogordaily.net Konsumsi penting, baik sehari-hari maupun saat Ramadan, apalagi di situasi terlebih disaat pandemi Covid – 19.

Dibutuhkan nutrisi dan gizi yang cukup dalam makanan yang dikonsumsi, agar tubuh tetap sehat.

Apalagi, di situasi Bulan Ramadan, tubuh yang biasanya dibutuhkan asupan makan sebanyak tiga kali sehari, saat puasa hanya dua kali.

Asupan makanan pun memiliki perbedaan waktu makan yang jauh, yakni saat sahur dan berbuka.

Maka baiknya harus menontrol asupan makanan yang tepat agar sehat dan berenergi saat berpuasa.

Selama puasa tubuh harus menahan lapar dan haus lselama kurang lebih 13 jam. Hal ini tentunya akan membuat tubuh menjadi terasa lemas saat menjalankan puasa.

Apalagi jika asupan makanan saat sahur dan buka tidak dikontrol tubuh akan tidak mempunyai energi.

Berikut adalah 4 makanan yang sehat untuk dikonsumsi selama puasa

1. Nasi Merah
Nasi merah dapat dijadikan sumber karbohidrat, karena memiliki kandungan gula yang lebih rendah dari nasi putih. Dan dapat memberikan rasa kenyang yang lebih lama dari nasi putih biasa.

Serai itu nasi merah kaya akan serat dan membuat perut terhindar dari sembelit sehingga mencukupi kebutuhan serat harian yang alami.

2.
Walaupun sedang berpuasa, menyisipkan cemilan saat berbuka pun tidak ada salahnya. Camilan dari bahan kacang – kacangan baik dikonsumsi karena menyehatkan.

menjadi pilihan yang baik dikonsumsi saat puasa karena jumlah kalori pada lebih rendah dibanding kacang mede.

Selain itu memiliki jumlah antioksidan yang tinggi dan hampir setara dengan kacang hijau. Hal ini bermanfaat untuk membantu kerja jantung menjadi lebih baik.

Selain makan langsung, dapat dikonsumsi berupa produk .

3. Telur

Telur mengandung asupan protein yang diperlukan untuk tubuh, sehingga dapat menjadi pilian yang tepat untuk memenuhi asupan protein harian saat berpuasa,

Sebutir telur mengandung sekitar 6 gram protein, serta mengandung zat kaolin yang tinggi yang dapat menghindarkan dari resiko terserang kanker payudara.

Dalam satu minggu, disarankan untuk mengonsumsi telur tidak lebih dari 6 butir karena kuning telur memiliki kandungan kolesterol yang tinggi.

Untuk penderita diabetes disarankan untuk mengurangi konsumsi telur. Jika terlalu banyak mengonsumsi telur dapat menyebabkan rentan terkena penyakit jantung.

4.

mengandung nutrisi tinggi yang dibutuhkan untuk tubuh, sekitar 146 energi dimiliki dalam segelas berukuran 250ml. Selain nutrisi, susu mengandung Asam folat, fosfor, kalium, dan magnesium.

Banyak orang menghindari susu full cream, padahal dapat membuat rasa kenyang lebih lama dari ada susu yang lain.

Bukan hanya anak – anak, orang dewasa pun membutuhkan mengonsumsi susu pada saat puasa. Selain memberikan protein, juga dapat merasa kenyang lebih lama.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here