Wednesday, 1 May 2024
HomeNasionalTahun Ini Pembangunan Tiga Kawasan Industri Tercapai

Tahun Ini Pembangunan Tiga Kawasan Industri Tercapai

Bogordaily menyebut target pembangunan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional () pada 2020-2024, telah tercapai pada 2021.

“Dalam lima tahun akan ada halal yang akan beroperasi. Alhamdulillah tahun ini sudah tercapai,” ujar Direktur Perwilayahan Industri Kemenperin Ignatius Warsito dikutip dari antaranewscom.

Ketiga kawasan industri halal antara lain yakni Modern Cikande Industrial Estate di Serang (Banten), Safe n Lock Halal Industrial Park di Sidoarjo (Jawa Timur), dan kawasan industri halal Bintan Inti Halal Hub di Kabupaten Bintan.

Warsito mengungkapkan, pembangunan kawasan industri halal terjadi setelah keluarnya Peraturan Menteri Perindustrian Nomor 17 Tahu 2020 tentang Tata Cara memperoleh Surat Keterangan dalam rangka Pembentukan Kawasan Industri Halal.

Warsito menambahkan, dalam kawasan industri halal juga dapat dikembangkan investasi halal terkait, seperti industri kosmetika, dan fesyen.

Seperti yang diketahui, Kemenperin mengembangkan potensi produk dan jasa industri halal di Tanah Air.

Hal tersebut bertujuan untuk memenuhi kebutuhan pasar domestik dan ekspor.

Demi mengakselerasi pengembangan sektor riil ekonomi syariah atau yang dikenal dengan industri halal, Kemenperin memandang perlu memperkuat seluruh rantai nilai industri halal (halal value chain) dari sektor hulu sampai hilir.

Di antaranya dengan membangun kawasan industri halal dan halal hub di berbagai daerah. Sesuai keunggulan komparatif masing-masing daerah unggulan. ***

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here