Wednesday, 1 May 2024
HomeNasionalAda Apa? Heboh Ramai-ramai Pabrik Pindah dari Banten!

Ada Apa? Heboh Ramai-ramai Pabrik Pindah dari Banten!

BOGORDAILY- Fenomena maraknya sejumlah industri pabrik pindah dari Provinsi Banten ke daerah lain kian menjadi perhatian pemangku kepentingan mengingat kondisi ini dikhawatirkan berdampak pada kekhawatiran tingginya tingkat pengangguran di wilayah ini.

Apalagi, menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) pada tahun 2020, memang terjadi kenaikan tingkat pengangguran terbuka (TPT) Provinsi Banten sebesar 10,64% dibanding tahun sebelumnya.

Anggota Badan Kerja Sama Antar Parlemen (BKSAP) DPR RI Andi Achmad Dara menilai pemerintah daerah harus segera mengambil langkah strategis untuk mencegah hal ini.

“Saya sebagai wakil rakyat dari Banten juga ingin mengajak pemda memikirkan bagaimana agar industri ini tidak pindah, saya kira perlu kita klasterisasi supaya mereka punya pemukiman yang baik, pekerjanya punya fasilitas kesehatan yang baik, bahkan fasilitas pendidikannya juga,” kata Andi, Senin ini (14/6/2021).

“Karena pada akhirnya kita juga harus berkompetisi, pemda harus aware, segera mengambil langkah, kira-kira apa yang bisa membuat mereka tidak pindah. Misalnya memberikan semacam insentif oleh pemda dan pemerintah pusat, supaya tidak terjadi semacam kanibalisasi dari suatu daerah pindah ke daerah lain.”

Menurut dia, perpindahan industri dari Banten salah satunya ke Jawa Tengah, karena UMR (upah minimum regional) daerah lain lebih kompetitif dan produktifitas pekerjanya lebih baik, sehingga banyak industri yang move on.

“Mengapa bisa terjadi semacam urbanisasi atau kanibalisasi industri-industri ke daerah lain yang dianggap lebih kompetitif.”

“Dan saya juga tidak yakin daerah lain itu ke depan akan lebih kompetitif, karena pasti ekonominya menjadi ekonomi dengan biaya yang tinggi. Sikap kita sudah kaya kebakaran menghadapi banyaknya pengangguran ini,” imbuh legislator dapil Banten III ini.

Sebab itu, dia menilai DPR juga tidak boleh diam, misalkan di antaranya dengan membantu kampus-kampus yang ada di Banten untuk memberikan mahasiswa terbaiknya mendapatkan beasiswa.

Salah satu caranya dengan mekanisme beasiswa itu diberikan kepada lima orang terbaik dari masing-masing kampus seperti Universitas Sultan Agung Tirtayasa (UNTIRTA) dan Universitas Serang Raya (UNSERA).

“Nanti BKSAP akan membantu komunikasi kepada pemerintah pusat, karena sudah ada anggaran beasiswa yang jumlahnya triliunan di Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP).”

“Nanti bisa kita usulkan untuk kerja sama dengan lembaga tersebut, jadi mahasiswa terbaik ini nanti tinggal minta rekomendasi dari pimpinan BKSAP. Saya kira itu cukup bagus, supaya akar intelektual yang cukup kuat di Banten ini semakin berkembang, karena memang sejarah Banten ini banyak melahirkan orang-orang hebat,” jelasnya.

 

Penulis: cnbc

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here