Wednesday, 17 April 2024
HomeBeritaBagi Penumpang KRL, Siap-siap Mulai Hari Ini Diadakan Tes Antigen Acak

Bagi Penumpang KRL, Siap-siap Mulai Hari Ini Diadakan Tes Antigen Acak

Bogordaily.net – Tingginya kasus -19, pihak PT KAI Commuter Line melakukan tes antigen acak mulai Senin, 21 Juli 2021 bagi penumpang di enam titik stasiun.

Tes secara acak dengan menggunakan rapid tes antigen tersebut, rencananya dilakukan hingga sepekan ke depan dan digelar pada Stasiun Bogor, Bekasi, Cikarang, Manggarai, Tanah Abang, dan Tangerang yang seringkali menjadi tempat terjadi volume pengguna yang tinggi.

“PT KAI bersama KAI Commuter akan menggelar tes antigen acak selama satu pekan. Mulai Senin 21 Juni 2021 di enam stasiun dengan volume pengguna yang tinggi yaitu Stasiun Bogor, Bekasi, Cikarang, Tangerang, Manggarai, dan Tanah Abang,” ujar VP Corporate Secretary KAI Commuter, Anne Purba.

Anne pun mengatakan, tes antigen acak ini dilakukan sebelum pengguna melakukan transaksi beli tiket ataupun tap masuk di gate elektronik stasiun.

Kemudian, bagi para pengguna yang hasilnya negatif akan dipersilakan melanjutkan perjalanan dengan . Sementara yang positif, tidak akan diizinkan menggunakan .

“Bagi yang hasilnya terbukti negatif akan diperbolehkan lanjut perjalanannya, namun bara pengguna yang hasilnya positif tidak diizinkan naik dan datanya dilaporkan ke Satgas -19 setempat,” ujarnya.

Anne mengungkapkan bahwa dilakukannya tes antigen acak ini sebagai upaya pencegahan penyebaran -19. Mengingat bahwa KRL merupakan moda transportasi yang paling banyak dipergunakan di wilayah Jabodetabek.

Sementara itu, diketahui bahwa Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi sebelumnya telah menginstruksikan PT KAI melakukan pengecekan acak kepada para penumpang kereta rel listrik atau KRL.

Instruksi pengecekan tersebut melihat bahwa akhir-akhir ini tingginya angka kasus -19 di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi atau Jabodetabek melonjak drastis.

Dari laporan VP Corporate Secretary KAI Commuter, Anne Purba, diungkapkan bahwa saat ini jumlah pergerakan penumpang KRL per hari cenderung meningkat yaitu sekitar 400 hingga 500 ribu penumpang per harinya.

“Hingga 18 Juni 2021, KAI Commuter mencatat ada 7.943.859 orang atau 441.326 orang per hari yang menggunakan KRL. Angka ini, kata dia, bertambah 18,5% dibanding jumlah pengguna hingga minggu ketiga Mei lalu yang mencapai 6.467.395 orang atau 359.300 orang per hari,” ungkap Anne.

Dengan diberlakukannya tes rapid antigen secara acak, Anne memastikan bahwa layanan KRL Jabodetabek akan tetap beroperasi dengan 994 perjalanan per hari mulai pukul 04.00 hingga 22.00 WIB.

“Layanan KRL Jabodetabek tetap beroperasi dengan 994 perjalanan mulai 04.00 – 22.00 WIB. Bagi pengguna KRL, rencanakanlah perjalanan dengan baik agar terhindar dari potensi terjadinya kerumunan di stasiun maupun di dalam kereta dan tetap selalu menerapkan protokol kesehatan terutama di area stasiun,” pungkas Anne.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here