Friday, 3 May 2024
HomeBeritaThufaili, Cacat Etika Wajib Dihindari Setiap Muslim

Thufaili, Cacat Etika Wajib Dihindari Setiap Muslim

Bogordaily.net – Menghadiri undangan merupakan kewajiban bagi seorang Muslim jika tidak berhalangan. Menghadiri undangan juga termasuk salah satu hak seorang Muslim yang harus dipenuhi saudaranya.

Di negara-negara Arab sana kebiasaan menghadiri pernikahan atau acara apapun yang ada jamuannya tanpa diundang disebut dengan istilah .

Menurut sebuah cerita, istilah berawal dari seseorang yang bernama Thufail dari kabilah bani Abdullah bin Ghatafan.

Suatu ketika Thufail ini menghadiri pernikahan atau walimah padahal ia sama sekali tak diundang oleh ahlul bait.

Thufail memang terbiasa seperti itu, menghadiri jamuan-jamuan tanpa diundang. Akhirnya orang yang berperilaku seperti Thufail ini disebut dengan istilah Thufailul A'ras atau .

Akhirnya istilah ini jadi viral di kalangan bangsa Arab hingga digunakan pula oleh para ulama fikih untuk menyebut orang yang memiliki kebiasaan menghadiri pernikahan atau walimah atau jamuan-jamuan lain tanpa diundang.

Dalam kitab ensiklopedi fikih Al-Mausu'ah Al-Fiqhiyyah Al-Kuwaitiyyah, persoalan ini dibahas secara khusus di bab Tathafful.

Para ulama pun memaknai sama, adalah hadirnya seseorang dalam jamuan orang lain untuk ikut menikmati hidangannya tanpa diundang, tanpa ada izin, dan tanpa sepengetahuan tuan rumahnya. (Nihayatul Muhtaj, 6/377)

ini sebenarnya adalah sebuah penyakit yang dapat menjangkiti siapapun, kapanpun, dan di manapun.

Tidak hanya di belahan Arab, di belahan bumi Indonesia bisa jadi tidak sedikit yang terjangkit jenis penyakit cacat ini.

Mayoritas ulama fikih dari mazhab Maliki, Syafi'i, Hambali, dan salah satu pendapat mazhab Hanafi menyatakan bahwa secara hukum syar'i perilaku menghadiri pernikahan atau jamuan apapun tanpa adanya undangan, tanpa sepengetahuan dan izin dari tuan rumah, hukumnya haram.

Bahkan jika perbuatan ini diulang berkali-kali pelakunya bisa dicap sebagai orang fasik. Ketetapan hukum ini disarikan dari sabda Rasulullah SAW,

Artinya, “Barangsiapa diundang tidak memenuhi (undangan walimatul ‘Urs) maka sungguh ia telah durhaka kepada Allah dan Rasul-Nya, dan barangsiapa menghadiri pernikahan atau walimah tanpa diundang maka ia masuk laksana pencuri dan keluar sebagai orang yang merampok.” (HR. Abu Dawud, salah satu perawinya dianggap majhul oleh Abu Dawud).

Dalam hadits di atas, Rasulullah SAW mengumpamakan orang yang menghadiri pernikahan tanpa undangan ketika masuk dianggap seperti pencuri yang kehadirannya tak diharapkan oleh tuan rumah.

Sedangkan keluarnya seorang dari pesta pernikahan atau walimah tanpa undangan, beliau umpamakan sebagai seorang perampok yang keluar setelah ‘kenyang' menelan banyak makanan.

Tak sampai di sini konsekuensi menjadi seorang Thufaili. Dalam ranah hukum peradilan, seorang Thufaili yang dikenal berulang kali diketahui menghadiri pernikahan atau jamuan tanpa diundang, maka persaksiannya tidak bisa diterima.

Alasan pertama, sudah ditegaskan oleh Rasulullah SAW bahwa menghadiri pernikahan dan jamuan semisalnya tanpa diundang adalah haram.

Alasan kedua, dengan apa yang dilakukannya itu, berarti ia telah memakan makanan haram. Meskipun bukan haram makanannya, tapi haram cara mendapatkannya.

Alasan ketiga, perilaku Thufaili adalah perilaku yang tidak baik, cacat , dan sama sekali tidak mengindahkan kehormatan dan wibawa. (Raudhatuth Thalibin, 11/232. Al Mughni, 9/181).***

Sumber : Dakwah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here