Ini Wilayah yang Paling Banyak Berangkatkan Jemaah Haji di Indonesia

  • Whatsapp
Kelima
Ilustrasi ka'bah. (Hajinews/Bogordaily.net)

Bogordaily.net – Ternyata, wilayah yang paling banyak memberangkatkan jemaah haji tahun 2021 di Indonesia yaitu Kabupaten Bogor dengan total sebanyak 3.421 jemaah.

Sebelumnya, Kementerian Agama Republik Indonesia secara resmi memutuskan untuk tidak memberangkatkan jemaah haji tahun 2021 dikarenakan kondisi pandemi Covid-19.

Ketua DPW KBHI Jawa Barat Desi Hasbiah angkat bicara, dan mengatakan bahwa Kabupaten Bogor
menjadi wilayah paling banyak memberangkatkan jamaah haji di Indonesia.

“Sebanyak 3.421 jemaah telah melunasi biaya haji yang seharusnya diberangkatkan ke tanah suci pada tahun ini,” ucapnya Sabtu 5 Juni 2021, dikutip dari Okezone.

Baca Juga  Pastikan Prokes Berjalan Baik Bupati Bogor Pantau Pelaksanaan PTM

Desi mengatakan bahwa, hampir semua ribuan calon jemaah telah melunasi biaya haji sejak 2013 lalu.

“Kalau dihitung besaran kuota kita merupakan kabupeten dengan kuota terbesar di Indonesia. Jadi dari 36 ribu kuota Jabar, kita adalah terbanyak se-Indonesia. Itu di luar jemaah lansia dan cadangan,” kata Desi,

Lanjutnya, pihaknya akan menyosialisasikan kepada para jamaah terkait pembatalan keberangkatan haji, yang telah berlangsung selama dua tahin ini.

Dirinya pun menghormati keputusan pemerintah dengan mengedepankan keselamatan masyarakat dan hal itu merupakan langkah yang jauh lebih penting.

Baca Juga  FORSIPA Kembali Cetak Pemuda Calon Pemimpin¬†

“Kita akan sampaikan ke jemaah bahwa haji akan dilaksanakan setelah pandemi ini berakhir. Jadi nggak usah khawatir ini hanya tertunda,” tuturnya.

Desi pun akan menyampaikan ke jemaah calon haji bahwa, dana mereka yang ingin melaksanakan rukun Islam yang kelima itu aman dan dijamin oleh negara.

“Kebijakan bagi jamaah haji yang ingin mengambil uang Bipih pelunasan ini diperbolehkan. Tapi pada saat mau berangkat itu harus dilunasi lagi,” tuturnya.***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *