Friday, 19 April 2024
HomeBeritaAhok Buka bukaan: Pertamina Kerap Lakukan Kebiasaan Buruk, Tunda Pembayaran ke UMKM

Ahok Buka bukaan: Pertamina Kerap Lakukan Kebiasaan Buruk, Tunda Pembayaran ke UMKM

Bogordaiily.net – Komisaris Utama PT (Persero) Basuki Tjahaja Purnama atau mengungkap bahwa perusahaan yang dipimpinnya memiliki kebiasaan . Kebiasaan yang dimaksud adalah seringnya menunda pembayaran proyek kepada mitra atau pihak ketiga (vendor) yang diajak kerja sama, khususnya UMKM.

Lebih lanjut, mengatakan, sejak dirinya masuk dalam susunan direksi perusahaan pelat merah itu banyak sekali keluhan dari vendor yang soal kontrak kerja sama belum dibayarkan.

Karena itu, lantas mengubah sistem lelang controlling tender perusahaan lebih transparan. Tujuannya agar pembayarannya bisa dipercepat.

“Kalau di banyak sekali pengaduan termasuk pengadaan pembayaran yang dipersulit jadi punya satu kebiasaan tidak mau bayar (vendor).

Padahal pencairan APBN kita itu penginnya cepat ada, ahirnya apa yang terjadi usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) setengah mati dia pinjam bank, keuntungannya menipis daya beli turun,” katanya dalam diskusi virtual, dilansir dari Bergelora.com.

Mantan Gubernur DKI Jakarta ini menilai bahwa keadaan seperti itu acap kali dimanfaatkan oleh mafia-mafia yang menawarkan jasa pencairan pembayaran proyek. Hal ini pun diduga melibatkan petinggi-petinggi perusahaan yang tidak jujur.
“Ada pihak ketiga yang menawarkan jasa bisa mengurus, mempermudah dan bisa bantuin (pembayaran proyek),” jelasnya.

Jika masih terjadi keadaan tersebut di kemudian hari, kata , para vendor dapat mengadukannya secara pribadi kepadanya. Selain itu, bisa juga membuka suara kepada media agar kejadian itu tidak terulang.
Lebih lanjut, juga menjamin akan membersihkan Pertamina dari citra-citra yang selama ini melekat.

Seperti misalnya banyaknya risiko suap dan korupsi. Kata dia, upaya ini juga dilakukan untuk menyelamatkan uang negara dari tindakan korupsi.

“Kalau menyangkut Pertamina lapor ke saya. Pasti saya kerjain nanti kalau macam-macam, itu saja jaminan saya,” ujarnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here