Wednesday, 17 April 2024
HomeNasionalCatat! Perda Terkait PPKM Darurat Tidak Boleh Ada Pidana

Catat! Perda Terkait PPKM Darurat Tidak Boleh Ada Pidana

Bogordaily.net menyarankan, kepala daerah supaya membuat aturan untuk membuat masyarakat lebih tertib dalam menjalankan . Namun, ia menekankan, dalam peraturan daerah (Perda) tidak boleh ada aturan mengenai pidana.

“Peraturan ini sifatnya enggak boleh pidana, sanksi sosial. Misal kerja sosial, kemudian sanksi administrasi, itu bisa dikenakan,” jelasnya.

Dia mengatakan, kepala daerah yang tidak menjalani aturan dapat dikenakan sanksi, mulai dari teguran, administratif, hingga pemberhentian sementara.

“Karena memang ada kewenangan dari pusat, baik Presiden dan Mendagri untuk bisa keluarkan aturan atau instruksi . Ini ada sanksi mulai teguran sampai administratif, sampai dengan pemberhentian sementara tiga bulan,” ujarnya.

Menurut Tito, penindakan pelanggaran bisa merujuk Undang-undang Nomor 4 Tahun 1984 tentang Wabah Penyakit Menular, UU Nomor 6 Tahun 2018 tentang Kekarantinaan Kesehatan, dan KUHP.

“Artinya diproses kepolisian, diserahkan ke jaksa dan diajukan ke pengadilan,” kata Tito dalam konferensi pers virtual, Jumat 9 Juli 2021.

Di samping itu dapat juga dilaksanakan acara pemeriksaan singkat untuk tindak pidana ringan seperti pelanggaran pemakaian masker yang diatur dalam peraturan daerah.

Pelanggaran ini, penegakannya dilakukan Satpol PP dengan pendampingan dari kepolisian yang didukung kejaksaan dan pengadilan serta dikemas dalam operasi yustisi.

“Ini memang sangat situasional di lapangan. Upaya koersif adalah upaya terakhir. Namun perlu ada ketegasan memang,” tegas Tito.

Tito menjelaskan, penerapan tiga UU itu bisa dikenakan jika ada pelanggaran seperti kerumunan massa besar yang pada praktiknya menolak dibubarkan petugas, atau pihak yang membuat kerumunan itu sengaja mengabaikan aturan.

Pada level pelanggaran yang relatif rendah, Tito merujuk pada peraturan daerah yang sudah disepakati antara pemerintah daerah dan DPRD setempat.

Tito menyarankan kepala daerah membuat aturan tersebut untuk membuat masyarakat lebih tertib dalam menjalankan .Namun, ia menekankan, dalam perda tidak boleh ada aturan mengenai pidana.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here