Wednesday, 8 May 2024
HomeBeritaKantah Kota Bogor Ikuti Penyusunan Rencana Kerja dan Anggaran 2021

Kantah Kota Bogor Ikuti Penyusunan Rencana Kerja dan Anggaran 2021

Bogordaily.net mengikuti dan (RKA-K/L) Pagu anggaran tahun 2021, Kamis 22 Juli 2021.

RKA KL tersebut diselenggarakan oleh Kementerian Agraria dan Tata Ruang/BPN.

Kegiatan tersebut dilaksanakan melalui Video Conference dihadiri oleh Kepala Biro dan Kepala Pusat di lingkungan Sekertaris Jendral, Para Sekertaris Jenderal, Para Kepala Kantor Wilayah Seluruh Indonesia juga Kepala Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional.

“Refocusing dan realokasi rencana anggaran ini dalam rangka penanganan kesehatan dan perlindungan sosial kepada masyarakat, sebagai dampak Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Darurat,” ucap Kepala Biro Hubungan Masyarakat, Yulia Jaya Nirmawati.

Yulia Jaya Nirmawati juga meyakini bahwa refocusing dan realokasi rencana anggaran ini tidak akan menurunkan kinerja jajaran Kementerian ATR/BPN, baik dalam melayani masyarakat maupun menyelesaikan program strategis nasional.

Lalu, Kepala Biro Keuangan dan Barang Milik Negara Kementerian ATR/BPN, Agust Yulian menjelaskan bahwa refocusing ini sejalan dengan Surat Kementerian Keuangan Nomor S-629/MK.02/2021 perihal Refocusing dan Realokasi Belanja Kementerian/Lembaga TA 2021 Tahap IV.

Kementerian ATR/BPN kemudian melakukan refocusing tahap IV sebesar Rp236.885.744.000,00.

Anggaran tersebut berasal dari anggaran Rupiah Murni, dengan tetap melakukan pengamanan untuk tetap dijalankan pada anggaran dalam Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

“Hingga saat ini sudah terjadi empat kali refocusing anggaran, hal tersebut dilakukan terutama untuk membantu program vaksinasi. Kemudian terjadi lonjakan jumlah yang tertular karena adanya varian virus baru dan pergerakan masyarakat di saat libur bersama, sehingga dibutuhkan biaya perawatan untuk masyarakat yang isolasi mandiri termasuk pemberian vitamin serta PPKM yang membatasi pergerakan masyarakat padahal banyak masyarakat yang harus bekerja. Maka akhirnya pemerintah memutuskan penguatan sosial dengan bantuan sosial, dan banyak program pemerintah lainnya untuk membantu di dalamnya,” ujar Agust Yulian yang juga sebagai Plh. Kepala Biro Perencanaan dan Kerja Sama.

“Belanja yang berpotensi untuk dilakukan refocusing adalah belanja honorarium, perjalanan dinas, paket meeting, belanja barang dan jasa yang jumlahnya bertahap, bantuan pembangunan gedung yang belum dikontrakkan, pengadaan kendaraan, dan anggaran untuk kegiatan yang belum dikontrakkan yang tidak mungkin akan selesai pada tahun ini,” tambah Agust Yulian.

Lebih lanjut, Agust Yulian menambahkan jika proses refocusing hingga saat ini masih terus berjalan. Rekapitulasi belanja menurut program memiliki batas sampai dengan tanggal 26 Juli 2021.

Kemudian masing-masing satuan kerja di Kementerian ATR/BPN akan menyampaikan usul revisi anggaran sesuai ketentuan dalam PMK Nomor: 208/PMK.02/2020 tentang Tata Cara Revisi Anggaran TA 2021, sampai dengan tanggal 2 Agustus 2021.

Penetapan batas waktu ini untuk memastikan bahwa anggaran pemerintah dapat segera digunakan untuk, menangani hal-hal yang sifatnya darurat tersebut di atas.

Diharapkan dengan adanya refocusing anggaran tahap IV dan penajaman prioritas ini, dapat membantu seluruh masyarakat di berbagai sektor.

“Kita selalu berharap yang terbaik dan pandemi ini dapat dilewati, dalam hal ini pemerintah akan terus bekerja keras melindungi masyarakat melalui penanganan Covid-19 dari sisi kesehatan serta dampak sosial dari pemberlakuan PPKM,” pungkas Agust Yulian. Adv

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here