Monday, 29 April 2024
HomeBeritaWanita, Sejatinya Tidak Ada Kata Murahan untuknya

Wanita, Sejatinya Tidak Ada Kata Murahan untuknya

Bogordaily.net – Islam merupakan agama yang menempatkan sebagai makhluk yang istimewa. Menghargai dan menjaga kehormatan adalah sebuah kewajiban yang tidak boleh dipertentangkan sama sekali.

Menjaga diibaratkan seperti menjaga sesuatu atau sebuah perhiasan atau bahkan jauh lebih berharga dari itu.

Sebelum datang Islam, seluruh umat manusia memandang hina kaum . Jangankan memuliakannya, menganggapnya sebagai manusia saja tidak.

Orang-orang Yunani menganggap sebagai sarana kesenangan saja. Orang-orang Romawi memberikan hak atas seorang ayah atau suami menjual anak perempuan atau istrinya.

Orang Arab memberikan hak atas seorang anak untuk mewarisi istri ayahnya. Mereka tidak mendapat hak waris dan tidak berhak memiliki harta benda.

Hal itu juga terjadi di Persia, Hidia dan negeri-negeri lainnya. (Lihat al Mar`ah, Qabla wa Ba'da al Islâm, Maktabah Syamilah, Huqûq al Mar`ah fi al Islâm: 9-14)

Kemudian cahaya Islam pun terbit menerangi kegelapan itu dengan risalah yang dibawa oleh Rasulullah SAW, memerangi segala bentuk kezaliman dan menjamin setiap hak manusia tanpa terkecuali.

Perhatikan Allah berfirman tentang bagaimana memperlakukan kaum yang seharusnya dalam ayat berikut:

“Hai orang-orang yang beriman, tidak halal bagi kamu mempusakai dengan jalan paksa dan janganlah kamu menyusahkan mereka karena hendak mengambil kembali sebagian dari apa yang telah kamu berikan kepadanya, terkecuali bila mereka melakukan pekerjaan keji yang nyata. Dan bergaullah dengan mereka secara patut. Kemudian bila kamu tidak menyukai mereka, (maka bersabarlah) karena mungkin kamu tidak menyukai sesuatu, padahal Allah menjadikan padanya kebaikan yang banyak.” (QS. An Nisa [4]: 19)

Rasulullah SAW sering mengingatkan dengan sabda-sabdanya agar umat Islam menghargai dan memuliakan kaum . Di antara sabdanya,

“Aku wasiatkan kepada kalian untuk berbuat baik kepada para .” (HR Muslim: 3729)

“Sebaik-baik kalian adalah yang paling baik terhadap istrinya, dan aku adalah yang paling baik terhadap istriku.” (HR Tirmidzi)

Setelah sebelumnya orang-orang jahiliyah memandang sebagai musibah, Islam memandang bahwa wanita adalah karunia Allah.

Bersamanya kaum laki-laki akan mendapat ketenangan, lahir maupun batinnya. Darinya akan muncul energi positif yang sangat bermanfaat berupa rasa cinta, kasih sayang dan motivasi hidup.

Laki-laki dan wanita menjadi satu entitas dalam bingkai rumah tangga. Keduanya saling membantu dalam mewujudkan hidup yang nyaman dan penuh kebahagian, mendidik dan membimbing generasi manusia yang akan datang.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here