Tuesday, 30 April 2024
HomeNasionalBegini Alasan Jokowi Kenakan Baju Adat Suku Badui

Begini Alasan Jokowi Kenakan Baju Adat Suku Badui

Bogordaily.net – Pada Sidang Tahunan Bersama MPR RI, DPR RI dan DPD RI 2021, Presiden Joko Widodo () mengenakan baju adat Suku Baduy. Apa alasan memakai baju adat Baduy?

Melalui akun Twitter-nya Kantor Staf Presiden, mengungkap bahwa Presiden memakai baju adat Suku Baduy, yang berada di Kabupaten Lebak, Provinsi Banten.

tampak memakai telekung, baju kutung, dan tas selempang. Telekung adalah ikat kepala, kadang disebut ‘koncer' atau ‘roma'.

Ikat kepala ini merupakan hasil tenun masyarakat Baduy. Kutung adalah baju putih berlengan panjang tanpa kerah, juga disebut ‘jamang sangsang'. Namun, yang dipakai adalah baju berwarna biru.

Lantas, apa alasan memakai baju adat Baduy? ingin memberikan penghormatan dan penghargaan atas nilai-nilai dan adat suku Baduy.

“Presiden @ memilih menggunakan pakaian adat suku Baduy sebagai bentuk penghormatan dan penghargaan pada keluhuran nilai2 adat dan budaya suku Baduy,” tulis KSP melalui akun Twitter @KSPgoid, Senin (16/8/2021).

Sebagaimana diketahui, tiba pada pukul 08.05 WIB hari ini di gedung MPR/DPR, Senayan, Jakarta. Saat tiba, disambut musik drum band.

Jokowi tiba mengenakan pakaian adat Baduy. Pakaian adat itu berwarna hitam dan dilengkapi ikat kepala biru.

Jokowi kemudian memasuki gedung Nusantara dikawal ketat Paspampres. Sebelum Jokowi, Wapres Ma'ruf tiba pada pukul 07.21 WIB dan beberapa menit kemudian Ketua DPR Puan Maharani.

Jokowi juga sempat berfoto bersama dengan para pimpinan lembaga negara. Mereka tampak berjaga jarak dan menerapkan protokol kesehatan ketat.

Sidang Tahunan MPR dan Sidang Bersama DPR dan DPD diselenggarakan secara daring dan luring dengan protokol kesehatan ketat. Ma'ruf Amain akan turut mendengarkan Pidato Kenegaraan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Pidato kenegaraan Presiden Jokowi itu akan disiarkan secara langsung di kanal YouTube Sekretariat Presiden dan saluran TV nasional. Siaran langsung pidato pertama akan dilaksanakan pada pukul 08.30 WIB, Senin 16 Agustus 2021.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here