Friday, 19 April 2024
HomeBeritaKemenkes Minta Pengertian Masyarakat, Vaksin Dosis Tiga Khusus Nakes

Kemenkes Minta Pengertian Masyarakat, Vaksin Dosis Tiga Khusus Nakes

Bogordaily.net – Juru Bicara Covid-19 Kementerian sekaligus Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung, Siti Nadia Tarmidzi menegaskan vaksinasi dosis ketiga (booster) saat ini hanya diberikan kepada tenaga maupun tenaga pendukung .

“Kami memohon agar publik dapat menahan diri untuk tidak memaksakan kepada vaksinator untuk mendapatkan vaksin ketiga. Masih banyak saudara-saudara kita yang belum mendapatkan vaksin. Mohon untuk tidak memaksakan kehendak,” kata Nadia dalam keterangan tertulis sebagaimana dikutip dari laman resmi Kemenkes RI, Senin (2 Agustus 2021).

Nadia menjelaskan, booster tidak untuk khalayak umum, mengingat terbatasnya pasokan vaksin dan masih terdapat lebih dari 160 juta penduduk sasaran yang belum mendapatkan suntikan.

Nadia mengatakan, pihaknya memberikan rekomendasi jenis vaksin untuk dosis ketiga dapat menggunakan platform yang sama atau berbeda.

“Dikarenakan kita tahu bahwa efikasi dari Moderna ini paling tinggi dari seluruh vaksin yang kita miliki saat ini,” ucapnya.

Nadia mengatakan, pemberian dosis ketiga vaksin tetap memperhatikan kondisi daripada sasaran.

Menurut Nadia, apabila sasaran vaksin memiliki alergi karena memang tidak boleh mendapatkan vaksin dengan platform mRNA, maka bisa menggunakan jenis vaksin yang sama dengan dosis pertama dan kedua.

Nadia berharap booster bisa dilaksanakan sesegera mungkin supaya cepat terselesaikan.

“Kalau dia adalah tenaga tapi tidak tercatat atau dia tercatat misalnya di pemberi pelayanan publik, maka dia bisa melakukan perubahan data ke Badan PPSDM Kesehatan melalui email [email protected] untuk melakukan perbaikan data,” pungkasnya.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here