Saturday, 20 April 2024
HomeBeritaProspek Besar, Pemerintah Upayakan Kawasan Khusus Sentra Olahan Porang

Prospek Besar, Pemerintah Upayakan Kawasan Khusus Sentra Olahan Porang

Bogordaily.net – Industrialisasi pengolahan komoditas tengah didorong pemerintah seiring prospek pasar yang terbuka lebar hingga di level global.

Salah satu upaya yang dilakukan melalui pengembangan khusus sentra olahan .

Kementerian Perindustrian () dalam pernyataan resminya Minggu (22 Agustus 2021), menyatakan bahwa tengah menyiapkan skema untuk mengembangan produk turunan olahan dengan penetapan klaster prioritas pengembangan budidaya porang.

Plt Direktur Jenderal Industri Kecil, Menengah dan Aneka (IKMA) , Reni Yanita, mengatakan bahwa tiga daerah potensial untuk pengembangan komoditas porang yakni Kabupaten Pandeglang di Banten, Kabupaten Tabanan di Bali, dan Kabupaten Lombok Timur di Nusa Tenggara Barat.

“Adapun proses pengembangan industri pengolahan porang di tiga daerah tersebut rencananya menggunakan Dana Alokasi Khusus pada 2022,” kata Reni.

Reni menuturkan, untuk saat ini, terlebih dahulu bakal bekerja sama dengan Kementerian Pertanian dan pemerintah daerah dalam pengembangan proyek percontohan di Kabupaten Madiun, Jawa Timur.

Sebab, daerah tersebut sudah memiliki industri porang berorientasi ekspor dan beroperasi sejak 2018 lalu.

Reni mengatakan bahwa berperan melakukan pendampingan, peningkatan teknologi dan juga kapasitas produksi melalui program restrukturisasi mesin atau peralatan.

Selain itu, juga membantu pengembangan produk turunan porang melalui pengembangan inovasi IKM, serta promosi melalui pameran, marketplace, serta link and match.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here