Wednesday, 24 April 2024
HomeBeritaSentra Kreasi ATENSI untuk Disabilitas Diresmikan Mensos

Sentra Kreasi ATENSI untuk Disabilitas Diresmikan Mensos

Bogordaily.net – Menteri Sosial (Mensos), Tri Rismaharini, meresmikan ATENSI di Balai Besar Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Fisik (BBRSPDF) Prof Dr Soeharso, Solo, Jawa Tengah, Senin (30 Agustus 2021).

Sentra ATENSI tersebut bakal dimanfaatkan untuk program pelatihan keterampilan penyandang disabilitas agar dapat mengakses pekerjaan.

Risma mengaku sudah lama menggagas Sentra ATENSI. Sebelum Solo, telah meresmikan Sentra ATENSI di Balai Pangudi Luhur Bekasi, Balai Besar Kartini Temanggung dan Balai Besar Inten Soeweno Cibinong, Kabupaten Bogor.

“Sentra ATENSI ini untuk membantu penyandang disabilitas untuk mengakses pekerjaannya,” ucap Risma.

Menurutnya, mengubah anggaran pembangunan ratusan juta rupiah untuk program pemberdayaan disabilitas semacam Sentra ATENSI.

Setiap sentra diarahkan untuk memberikan keterampilan sesuai keahlian masing-masing balai.

“Saya berikan tugas sesuai dengan keahlian masing-masing balai. Cibinong itu untuk motor. Solo ini saya tugaskan khusus membuat kursi roda. Semua pekerjaan perakitan, motor, kursi roda dibuat saudara-saudara kita yang disabilitas,” katanya.

Dalam kesempatan itu, Kementerian Sosial juga menyerahkan bantuan Asisensi Rehabilitasi Sosial (ATENSI) senilai Rp 977 juta.

Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, mengatakan, sektor UMKM menjadi fokus Pemkot Solo dalam pemulihan ekonomi pascapandemi Covid-19.

Dia mengucapkan terima kasih kepada Mensos dan yang memperhatikan UMKM di Solo.

Termasuk pemberian bantuan ATENSI tersebut. Dia berhatap agar UMKM di Solo bisa naik kelas dan penyandang disabilitas bisa berkarya.

“Pemulihan ekonomi menjadi salah satu yang kami kejar, kebut vaksinasi dan kebut pemulihan ekonomi,” ujar Gibran.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here