Monday, 17 June 2024
HomeBeritaStudi : Pasien Sirosis Aman di Vaksin Pfizer dan Moderna

Studi : Pasien Sirosis Aman di Vaksin Pfizer dan Moderna

Bogordaily.net – Indonesia siap menerima vaksin covid-19 dengan platform mRNA dari dan . Kedatangan dua merek vaksin tersebut diharapkan mempercepat cakupan program vaksinasi covid-19 secara nasional yang akhirnya mempercepat kekebalan kelompok ().

Vaksin dan sendiri diungkapkan oleh Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) berdasarkan hasil studi diketahui mampu mencegah seseorang terpapar covid-19 hingga 90 persen, termasuk kasus asimptomatik atau tanpa gejala.

Tidak hanya itu, Vaksin dan juga diketahui melalui hasil studi dapat digunakan untuk pasien sirosis dan memberikan efek perlindungan “high level”.

penelitian dilakukan kepada veteran Amerika Serikat yang mengalami sirosis dan diberikan vaksin mRNA. Hasil studi menunjukkan bahwa terjadi peningkatan perlindungan yang tinggi pada kelompok tersebut. Artinya, risiko mereka dirawat inap bahkan kematian akibat covid-19 jadi sangat kecil.

Vaksin

“Pasien sirosis atau memiliki disregulasi kekebalan yang berhubungan dengan hyporesponsiveness vaksin dan dengan adanya temuan ini menunjukkan bahwa vaksin bekerja pada untuk mereka,” jelas penulis studi, seperti dikutip dari laman Fox News.

“Pasien sirosis yang mendapat Vaksin atau lebih kecil risikonya terinfeksi covid-19 sebesar 64,8 persen dan memberikan penurunan risiko masuk rumah sakit dan kematian 100 persen setelah 28 hari pengamatan,” terang peneliti.

Namun ada catatan penting di sini, mereka yang mengalami sirosis dekompensasi memiliki perlindungan lebih rendah dari paparan covid-19 dibandingkan pasien sirosis kompensasi dengan persentase 50,3 vs 66,8 persen meskipun dosis kedua ditingkatkan.

“Meski begitu, studi ini memberikan perlindungan yang amat baik bagi pasien sirosis terhadap risiko mereka masuk rumah sakit dan kematian akibat covid-19,” tegas peneliti.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here