Friday, 26 April 2024
HomeBerita4 Cara Menjaga Mental Agar Kamu Damai dan Bahagia

4 Cara Menjaga Mental Agar Kamu Damai dan Bahagia

Bogordaily.net – Hidup akan terasa , apabila kesehatan mentalmu terjaga. Kalau kondisi mental nggak fit, kamu jadi sering berpikiran buruk, dan pastinya, hal tersebut akan merusak kebahagiaan hidup.

Ada beberapa kiat ampuh yang bisa kamu lakukan untuk menjaga kesehatan mental. Ingin tahu? Yuk, simak pembahasannya berikut ini!

1.

Hal pertama yang mesti kamu lakukan supaya kondisi mentalmu selalu sehat, adalah perhatikan waktu istirahat. Jangan memaksakan diri. Bila saatnya tidur, ya, tidur.

Terlalu memforsir diri, nggak akan bagus bagi kesehatan fisik maupun mentalmu secara jangka panjang. Karena kurang istirahat, membuat otakmu nggak bisa memulihkan diri, tapi terus-menerus dipaksa kerja. Mesin saja, kalau terus dipaksa kerja, akan cepat rusak, kan?

2.

Ada banyak overthinking yang sering ditemukan dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya, kamu dipanggil oleh atasan tanpa tahu maksudnya apa. Langsung, deh, berpikiran buruk. Padahal, atasanmu itu cuma ingin menanyakan pendapat mengenai proyek.

Contoh lain overthinking, ketika teman atau pacarmu belum juga membalas pesan. Langsung berprasangka negatif, mengira mereka sudah nggak sayang atau nggak menganggap kamu prioritas. Padahal, mereka sedang sibuk, sampai nggak sempat untuk membalas pesan.

Overthinking seperti ini, hanya akan membebani kerja otakmu, lho. Kamu jadi selalu dilanda stres, dan stres itu nggak baik bagi kesehatan mental. Jadi, coba untuk lebih banyak berpikir positif, ya!

3. Memaafkan diri sendiri

Hal lain yang juga perlu kamu lakukan supaya kesehatan mentalmu bisa fit, adalah dengan kesediaan untuk memaafkan diri sendiri. Setiap manusia pasti pernah melakukan kesalahan, kok.

Dengan terus menyalahkan diri, nggak akan baik, karena suasana hatimu jadi buruk terus, dan sulit berpikir positif. Akui kesalahanmu, minta maaf, dan berkomitmen untuk tidak melakukannya lagi. Itu sudah cukup!

4. Selektif memilih lingkaran pertemanan

Kamu boleh bersikap baik pada siapa pun, tapi, harus selektif terhadap lingkaran pertemananmu. Karena kalau kamu terus bergaul dengan orang-orang yang negatif, lama-lama, akan kena mentalmu juga. Kamu pun akan sulit untuk memiliki aura positif.

Itu dia beberapa kiat ampuh supaya kesehatan mentalmu tetap prima. Terus lakukan, ya!

 

Sumber: yoursay.suara.com

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here