Friday, 26 April 2024
HomeNasionalBMKG Ingatkan Untuk Siap dengan Skenario Terburuk Gempa dan Tsunami

BMKG Ingatkan Untuk Siap dengan Skenario Terburuk Gempa dan Tsunami

Bogordaily.net – Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Dwikorita Karnawati mengingatkan masyarakat dan pemerintah daerah Pacitan untuk siap dengan skenario terburuk dan .

Hal tersebut dilakukan untuk menghindari dan mengurangi risiko bencana dan yang mengintai pesisir selatan jawa akibat pergerakan lempeng tektonik Indo-Australia dan Eurasia.

“Berdasarkan hasil penelitian, di Pantai Pacitan memiliki potensi setinggi 28 meter dengan estimasi waktu tiba sekitar 29 menit. Adapun tinggi genangan di darat berkisar sekitar 15-16 meter dengan potensi jarak genangan mencapai 4 – 6 kilometer dari bibir pantai,” beber Dwikorita.

Dwikorita menyampaikan saat simulasi bumi dan yang digelar bersama Kementerian Sosial di Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Seperti dilansir dari laman Instagram BMKG, Sabtu (11 September 2021).

Dalam simulasi tersebut, Kepala BMKG bersama Menteri Sosial Tri Rismaharini dan Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji melakukan verifikasi zona bahaya dan menyusuri jalur evakuasi bencana.

Kepala BMKG menegaskan, hingga saat ini tidak ada teknologi atau satu pun negara di dunia yang bisa memprediksi kapan terjadinya dan tsunami secara tepat dan akurat.

Lengkap dengan perkiraan tanggal, jam, lokasi, dan magnitudo . Semua masih sebatas kajian yang didasarkan pada salah satunya adalah sejarah di wilayah tersebut.

Sementara itu, BMKG memberi rekomendasi kepada pemerintah daerah untuk menyiapkan dan menambah jalur-jalur evakuasi lengkap dengan rambu-rambu di zona merah menuju zona hijau.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here