Saturday, 20 April 2024
HomeKabupaten BogorBupati Bogor Berikan Apresiasi dan Dukung Kinerja KPAD

Bupati Bogor Berikan Apresiasi dan Dukung Kinerja KPAD

Bogordaily.net Ade Yasin menerima rombongan Komisioner Komisi Perlindungan Anak Daerah ( ) Kabupaten Bogor. Pertemuan Bupati dengan Komisioner tersebut juga dihadiri oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk & Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Nurhayanti, Kepala Juanda dan Ketua P2TP2A.

Pada audiensi yang berlangsung di Pendopo Bupati Wakil Ketua KPAD menyampaikan laporan kinerja KPAD selama 10 bulan sejak dilantik pada 10 November yang lalu.
KPAD telah menerima pengaduan langsung sebanyak 35 kasus, sementara pengaduan berbasis online sebanyak 28 kasus.

“Kasus terbanyak adalah kasus kekerasan seksual, disusul kasus perebutan kuasa asuh. Semua kasus yang diadukan ke KPAD langsung kami tindak lanjuti dan dikawal hingga kasusnya selesai,” ujarnya.

Ia mencontohkan kasus perebutan kuasa asuh dari 6 kasus, 2 kasus sudah selesai dimediasi. Satu kasus terpending, dua kasus gagal mediasi dan satu menunggu proses mediasi.

Selain menyampaikan laporan kegiatan berbasis tugas dan fungsi KPAD, juga menyampaikan program tahun 2022 sesuai hasil rapat kerja awal September lalu, berdasarkan bidang-bidang. Program-program tersebut akan dikerjasamakan dengan dinas-dinas terkait.

“Misalnya saja bidang pendidikan akan mengajak menyosialisasikan program sekolah ramah anak dan guru ramah anak. Bidang agama dan budaya menyiapkan program PP ramah anak, bidang sosial & anak,” ungkapnya.

Selain itu, lanjutnya dalam situasi darurat diantaranya menyiapkan program penangan korban bencana, ramah anak dan workshop pemenuhan hak dasar Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) dengan menggandeng Dinas Sosial, serta berbagai program lainnya.

Pada kesempatan tersebut dia juga melaporkan selama Pandemi KPAD turun ke lapangan untuk melakukan pengawasan terhadap program Pembelajaran Tatap Muka (PTM) juga vaksinasi bagi pelajar, guna memastikan bahwa sekolah betul – betul sudah melaksanakan standar protokol kesehatan sehingga anak – anak terjamin keamanannya.

Sementara itu Sekretaris KPAD Erwin, menambahkan bahwa KPAD juga akan bermitra dengan untuk memastikan hak kesehatan anak-anak. Misalnya dalam suasana Pandemi Covid -19 ini, selain program 5 M, perlu ditambah satu program yakni pemenuhan multivitamin bagi anak – anak, untuk menambah imunitas tubuh.

“Dalam waktu dekat KPAD akan turun lapangan untuk survey terhadap 22 Kecamatan, yang sudah dinobatkan sebagai kecamatan layak anak, apakah benar – benar memenuhi indikator layak anak.,” terangnya.

Sementara Komisioner KPAD lainnya Sofian Ginting secara singkat, menyampaikan kehadiran KPAD mampu mendongkrak Kabupaten Bogor meraih predikat Nindya, dapat program Kabupaten/Kota Layak Anak.

Menanggapi laporan tersebut, Ade Yasin menyampaikan apresiasi terhadap kinerja KPAD.

“Terima kasih hari ini saya mendapatkan laporan yang cukup lengkap,” ujar Bupati.

Selanjutnya Bupati menyarankan agar KPAD membangun kemitraan dengan SKPD terkait termasuk dengan kepolisian, kejaksaan dan juga pengadilan agar anak – anak Kabupaten Bogor, semakin terlindungi dari segala bentuk kekerasan dan terpenuhi hak – haknya, apalagi dimusim Pandemi seperti sekarang ini.

Saat memberikan arahan Bupati juga sempat menanyakan mengenai anggaran tahun 2021, dan anggaran tahun 2022.

“Untuk anggaran tahun 2022 masih bisa berubah,” ujarnya.

Pada kesempatan itu juga Kepala , Juanda secara singkat memberikan dukungan terhadap program KPAD.

“Setuju dan Mendukung Program KPAD,” pungkasnya.***

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here