Thursday, 9 May 2024
HomeTravellingSate, Makanan Khas Indonesia yang Lezat dan Mudah Ditemui

Sate, Makanan Khas Indonesia yang Lezat dan Mudah Ditemui

Bogordaily.net merupakan salah satu yang cukup populer di Indonesia. Bahkan, beberapa daerah juga memiliki tersendiri.

Menyantap bisa kapan saja, apalagi di momen Idul Adha, banyak orang mendadak bakar karena mendapat daging kurban melimpah.

Meski masih banyak jenis lainnya, berikut lima yang paling terkenal di Indonesia, sebagaimana yang telah dilansir dari MNC Portal.

Makanan

1> Sate madura

Sate madura merupakan sate yang paling terkenal di Indonesia. Saking terkenalnya, bisa menemukan penjaja sate madura di setiap daerah tanpa harus pergi ke Madura untuk mencicipinya.

Sate madura biasa terbuat dari daging ayam atau kambing yang dihidangkan dengan bumbu kacang atau bumbu kecap.

Biasanya sate ini akan disajikan dengan alas daun pisang, nasi hangat atau lontong dan acar bawang.

Makanan

2> Sate taichan

Sate taichan merupakan jenis sate yang sedang populer belakangan ini. Asal-usul sate taichan sebenarnya belum terkonfirmasi dengan pasti.

Menurut beberapa informasi yang ada, sate taichan tercipta berawal dari datangnya sepasang muda-mudi Jepang-Indonesia yang ingin membeli sate di salah satu kedai sate madura di kawasan Senayan, Indonesia.

Namun, sate taichan merupakan hidangan yang yang menggunakan daging ayam dan kemudian dibakar tanpa menggunakan bumbu yang beraneka ragam dan hanya menggunakan garam dan jeruk nipis saja sebagai bumbu. Sate ini juga umum disajikan dengan lontong.

Makanan

3> Sate padang

Setelah sate madura, sate madang menjadi menu yang paling banyak dicari masyarakat. Penjaja sate padang dapat dengan mudah Anda temukan di kota-kota besar.

Ciri sate padang adalah bumbunya berwarna kuning dan kental. Bumbunya terbuat dari tepung beras dicampur kaldu daging, jeroan, kunyit, jahe, bawang putih, ketumbar, lengkuas, jintan putih, bubuk kari, dan garam.

Makanan

4> Sate lilit bali

Mulai dari daging dan jenis tusuknya, sate lilit bali tampak unik banget. Dagingnya dicincang terlebih dahulu sebelum dililitkan ke tusukan bambu pipih.

Sate lilit bali bisa menggunakan daging apa pun, seperti sapi, ayam, ikan, dan sebagainya. Bumbunya menggunakan perpaduan kelapa parut, santan kental, jeruk nipis, bawang merah, dan merica.

Makanan

5> Sate maranggi

Sate maranggi biasa ditemukan di Purwakarta, Cianjur, dan Bandung, Jawa Barat. Sate ini terbuat dari daging ayam, sapi, dan kambing. Menariknya, bumbu sate ini dibuat khusus dari beberapa campuran unik.

Bumbu sate maranggi terbuat dari pucuk bunga kecombrang dan tepung ketan. Sate ini biasa dihidangkan dengan ketan atau nasi putih. Terdapat juga irisan tomat besar sebagai penetral rasa.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here