Tuesday, 7 May 2024
HomeBeritaYuk Lakukan, Ini Hal Agar Terhindar dari Penyakit Jantung

Yuk Lakukan, Ini Hal Agar Terhindar dari Penyakit Jantung

Bogordaily.net jantung masih menjadi salah satu penyebab kematian terbanyak di dunia. Menurut data Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) ini telah merenggut sekitar 17,9 juta jiwa setiap tahunnya.

Oleh karena itu, sudah sepatutnya menghindari resiko jantung dan serangan jantung. Berikut beberapa hal yang bisa dilakukan:

<• Berhenti merokok

Kebiasaan merokok dapat meningkatkan risiko jantung koroner. Merokok juga merupakan faktor risiko independen bagi kematian jantung mendadak pada pasien jantung koroner.

<• Kelola tekanan darah

Tekanan darah yang tinggi akan meningkatkan beban kerja jantung. Bila dibiarkan, otot jantung akan lebih kaku dan menebal, sehingga akan menyebabkan jantung berfungsi secara tidak normal.

Untuk menjaga tekanan darah tetap normal, jaga lingkar pinggang dan berat badan dalam kondisi yang sehat atau normal. Selain itu, olahraga rutin dan kurangi stres.

<• Jaga kadar

Peningkatan kadar darah akan disertai dengan peningkatan risiko jantung koroner. Kadar darah turut dipengaruhi oleh usia, jenis kelamin, riwayat keluarga, dan pola makan.

Penerapan pola makan yang sehat untuk mengelola kadar kolesterol darah tetap sehat seperti menurunkan asupan lemak jenuh dan asupan lemak trans, mengonsumsi Omega-3, dan meningkatkan asupan serat.

<• Jaga berat badan

Kelebihan berat badan dapat berkontribusi pada kadar kolesterol yang tinggi. Kondisi ini bisa dicegah dengan mengganti pilihan asupan makan dan minum yang tak sehat menjadi lebih sehat.

Tingkatkan aktivitas sehari-hari dengan hal yang sederhana seperti memperbanyak jalan kaki dan aktivitas berdiri. Misalnya, membersihkan kebun atau memasak.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here