Hebat! Kaki Langit Mangunan, Masuk 50 Besar Desa Wisata Terbaik 2021

Menu

Mode Gelap
Malang Diguncang Gempa Berkekuatan M 5,3 Niat Jemput Anak, Seorang Ibu Asal Cigudeg Tewas Tertabrak Truk Terputusnya Aliran Listrik PLN, Ini 3 Wilayah yang Terdampak Akibat Hujan Deras dan Angin, Pohon di Perum Taman Griya Tumbang Klarifikasi, Rachel Vennya: Aku Tidak Lakukan Karantina Sama Sekali

Wisata ยท 13 Okt 2021 10:53 WIB

Hebat! Kaki Langit Mangunan, Masuk 50 Besar Desa Wisata Terbaik 2021


 Desa Wisata Kaki Langit Mangunan.(moslemchoice/Bogordaily.net) Perbesar

Desa Wisata Kaki Langit Mangunan.(moslemchoice/Bogordaily.net)

Bogordaily.net – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan, Desa Wisata Kaki Langit, Mangunan, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Masuk nominasi 50 besar dari 1.831 desa wisata yang mengikuti lomba Anugerah Desa Wisata Indonesia 2021 yang diselenggarakan Kemenparekraf.

“Saya ucapkan selamat Desa Wisata Kaki Langit Mangunan, Kabupaten Bantul, sebagai 50 desa wisata terbaik,” kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga sesaat sebelum menandatangani prasasti di Desa Wisata Kaki Langit, Mangunan, Bantul, Minggu (10 Oktober 2021).

Sandiaga mengatakan, salah satu yang menjadi kunci kesuksesan desa wisata Kaki Langit adalah kemampuan dalam menggeliatkan perekonomian.

Perekonomian masyarakat setempat meningkat dengan membuka usaha jasa pariwisata dan ekonomi lainnya.

“Selain dari pada kemampuan kita untuk melibatkan masyarakat, juga ada 400 lebih usaha baru yang tumbuh sejak desa wisata ini berkegiatan, kalau dikali empat berarti ada 1.600 orang yang mendapatkan lapangan pekerjaan,” katanya, seperti dilansir dari moslemchoice.

Menparekraf mengatakan bahwa bahkan dengan adanya Desa wisata ini, pendapatan masyarakat dari belanja wisatawan yang dirasakan pelaku wisata seluruhnya di Desa Mangunan mencapai di atas Rp3 miliar.

“Oleh karena itu tanpa berlama-lama saya tandatangani prasasti ini sebagai penanda kesuksesan dan prestasi yang sudah dicapai Desa Wisata Kaki Langit Mangunan,” katanya.

Sandiaga mengatakan bahwa kesuksesan Desa Wisata Kaki Langit Mangunan juga tidak lepas dari kebijakan kepemimpinan pemerintah daerah.

Pemerintah telah memberdayakan masyarakat dan memberikan perhatian khusus terutama peningkatan sarana akses jalan menuju kawasan wisata.

“Yang saya lihat adalah kepemimpinan, kepemimpinan dari Ngarso Dalem (Gubernur DIY) yang memberdayakan masyarakat, dan membangun jalan yang kelasnya ini mungkin bisa dibilang salah satu jalan yang terbaik,” katanya.

Menparekraf mengatakan bahwa selanjutnya juga partisipasi masyarakat yang antusias dengan membuka usaha-usaha.

Seperti usaha mikro, yang akhirnya menggerakkan ekonomi masyarakat lokal, karena langsung merasakan dampak positif dari kegiatan pariwisata.

“Begitu ekonomi bergerak, maka desa wisata ini dirasakan memberikan manfaat, Dan manfaat ini menjadi sarana kita untuk meningkatkan lapangan kerja, penghasilan, dan kesejahteraan. Itu kunci dari kesuksesan Desa Wisata Kaki Langit Mangunan,” kata Sandiaga.***

Artikel ini telah dibaca 19 kali

badge-check

Publisher

Baca Lainnya

Ingin Dapat Spot Foto yang Indah di Jayapura, Mampir di Jembatan Merah Youtefa

23 Oktober 2021 - 17:57 WIB

Naik Pesawat Wajib PCR Dulu, Ini Aturan Barunya

23 Oktober 2021 - 16:44 WIB

Naik Pesawat Wajib PCR

Pink Beach! Pantai Cantik di Pulau Komodo, Bikin Lelah Langsung Hilang

22 Oktober 2021 - 14:31 WIB

Pink

Menyuguhkan Keindahan Bahari, Pulau Kei Dijuluki Surga Tersembunyi

22 Oktober 2021 - 09:29 WIB

Asiik! Taman Margasatwa Ragunan Siap Sambut Pengunjung

21 Oktober 2021 - 14:50 WIB

Taman

Wisata Candi Jawi, Jejak Kerajaan Singasari dan Relief yang Menyisakan Misteri

20 Oktober 2021 - 12:43 WIB

Wisata
Trending di Wisata