Thursday, 2 May 2024
HomeNasionalKejagung RI Buka Rakernis Bidang Pengawasan 2021 Secara Virtual

Kejagung RI Buka Rakernis Bidang Pengawasan 2021 Secara Virtual

Bogordaily.net – Jaksa Agung Republik Indonesia, Burhanuddin membuka Rapat Kerja Teknis () Pengawasan Kejaksaan RI Tahun secara virtual.

Rapat secara virtual dari ruang kerja Jaksa Agung di Gedung Menara Kartika Adhyaksa Kebayoran Baru, Jakarta Selatan yang akan berlangsung pada 5 dan 06 Oktober .

Hadir secara virtual dalam acara ini Ketua Komisi Kejaksaan RI, Dr. Barita Simanjuntak, Wakil Jaksa Agung RI, Setia Untung Arimuladi, SH. M.Hum.

Para Jaksa Agung Muda, Kepala Badan Pendidikan dan Pelatihan Kejaksaan RI, Para Staf Ahli Jaksa Agung RI, Para Pejabat Eselon II dan Eselon III.

Para Jaksa Agung Muda Pengawasan, Para Kepala Kejaksaan Tinggi se-Indonesia beserta Asisten Pengawasan dan jajaran.

Para Kepala Kejaksaan Negeri dan Kepala Cabang Kejaksaan Negeri se-Indonesiadari ruang kerja atau dari kantor masing-masing.

Jaksa Agung RI menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh jajaran Pengawasan atas terselenggaranya ini.

“Saya berharap ikhtiar yang kita lakukan dapat memberikan kontribusi positif bagi terwujudnya penguatan pengawasan dalam mengakselerasi perubahan dan perbaikan, serta meningkatkan performa kinerja Kejaksaan dalam upaya memulihkan dan menumbuhkan kepercayaan publik (public trust),” tegasnya.

Jaksa Agung RI mengatakan pelaksanaan Pengawasan yang paling akhir ini sejalan dengan manajemen organisasi yang menempatkan pengawasan sebagai instrument controlling.

Artinya pengawasan bertanggung jawab memonitor dan memastikan organisasi telah berjalan sesuai perencanaan.

Sehingga dari bidang ini ukuran keberhasilan bidang pembinaan, bidang intelijen, bidang tindak pidana umum, bidang tindak pidana khusus, bidang perdata dan tata usaha negara, bidang pidana militer dan badan Diklat akan dinilai secara keseluruhan.

Mengingat fungsi strategis dari Bidang Pengawasan, maka berharap pelaksanaan tugas pengawasan dipastikan bisa dijalankan secara efektif dan efisien.

“Saya yakin jika semua instrumen pengawasan bisa digerakan secara efektif, maka Insyaa Allah kinerja organisasi kita akan berjalan sesuai harapan kita semua,” ujarnya.

Fungsi pengawasan memegang peranan penting dalam memelihara dan meningkatkan kualitas Good Governance and Clean Government (tata kelola pemerintah yang baik, bersih, dan berwibawa) di Kejaksaan.

Capaian kinerja Bidang Pengawasanakan terlihat dari terwujudnya efektivitas dan efisiensi pelaksanaan akuntabilitas kinerja, laporan keuangan yang andal, serta kepatuhan terhadap pelaksanaan peraturan perundang-undangan.

Salah satu tantangan bagi pengawasan yang perlu untuk segera dievaluasi adalah masih tingginya angka tunggakan penyelesaian laporan pengaduan masyarakat.

Dan kurang cepatnya respon terhadap pelanggaran disiplin pegawai, serta belum optimalnya penyelesaian atas temuan-temuan BPK pada Laporan Keuangan Kejaksaan.

Oleh karena itu, berdasarkan hal-hal tersebut sangatlah relevan Bidang Pengawasan Kejaksaan Republik Indonesia Tahun ini mengangkat tema “Kerja Keras Untuk Kejaksaan Hebat”

Karena penyelesaian tunggakan dan program-program Kejaksaan hanya bisa dilaksanakan melalui kerja keras jajaran Bidang Pengawasan.

Penegakan disiplin ke dalam internal Kejaksaan dan pelayanan prima dalam memberikan kecepatan respon atas aduan masyarakat akan berdampak meningkatnya public trust.

Dengan adanya dampak public trust masyarakat yang meningkat, maka Kejaksaan hebat dapat kita wujudkan.

“Dalam kesempatan ini, saya ingin mengingatkan Bidang Pengawasan harus dapat memastikan telah dilakukannya pengawasan melekat pada masing-masing bidang, supayapelaksanaan tugas pokok dan fungsi dapat berjalan sebagaimana rencana dan program kerja yang telah dibuat, sesuai dengan peraturan perundang-undangan, dan Standar Operasional Prosedur(SOP), serta petunjuk pimpinan,” ujar Jaksa Agung RI.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here