Saturday, 20 April 2024
HomeNasionalPWNU Jatim Usung Gus Yahya Jadi Calon Ketum PBNU

PWNU Jatim Usung Gus Yahya Jadi Calon Ketum PBNU

Bogordaily.net – Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama Jawa Timur ( Jatim) memutuskan mendukung KH Yahya Cholil Staquf sebagai calon Ketua umum Pengurus Besar NU (PBNU).

KH Yahya Cholil Staquf yang akrab disapa , sebagai calon Ketua PBNU periode 2021-2026 yang akan dipilih pada Muktamar ke-34 di Lampung 23-25 Desember 2021.

Wakil Rais Jatim K.H. Anwar Iskandar mengungkapkan keputusan tersebut melalui rapat pleno gabungan Syuriah dan Tanfiziah Jatim.

“Rapat pleno tadi juga memutuskan Jatim akan memperjuangkan K.H. Miftachul Ahyar sebagai Rais Aam PBNU,” katanya kepada wartawan usai mengikuti rapat pleno di Gedung Jatim, Jalan Masjid Al Akbar Timur Surabaya, dilansir dari aktual, Selasa (12 Oktober 2021).

Rapat pleno gabungan tersebut dipimpin oleh Rais Syuriah Jatim K.H. Anwar Mansyur, yang juga dihadiri Ketua Tanfiziah Jatim K.H. Marzuki Mustamar.

Selain Wakil Rais Jatim K.H. Anwar Iskandar, hadir pula Khatib PWNU Jatim K.H. Syafruddin Syarif dan Wakil Khatib Gus Kautsar serta jajaran pengurus inti PWNU Jatim lainnya.

Kyai Haji Anwar Iskandar menjelaskan bahwa keputusan hasil rapat pleno ini atas pertimbangan regenerasi kader-kader NU untuk menempati posisi strategis pada struktur tanfiziah.

“Kami memiliki kader-kader NU yang sangat potensial, yakni untuk menempati posisi strategis pada struktur tanfiziah PBNU,” ujarnya.

Pengasuh Pondok Pesantren Al Amien di Kota Kediri, Jawa Timur itu menegaskan bahwa rapat pleno itu untuk memperjuangkan keputusan organisasi.

Agar satu barisan memperjuangkan sistem Ahlul Halli wal Aqdi (AHWA) dalam pemilihan Rais Aam.

Sistem AHWA merupakan pemilihan yang memberikan mandat penuh kepada sebanyak sembilan kyai sepuh yang telah ditentukan secara khusus untuk memilih Rais Aam PBNU.

Sedangkan untuk pemilihan ketua umum tetap akan dilakukan dengan sistem pemilihan langsung di area Muktamar NU Lampung pada tanggal 23-25 Desember 2021.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here